PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN ALAT PERAGA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA PADA MATERI MAGNET DAN SIFAT-SIFATNYA

  • Yulianti Behuku Program Studi PGSD, FKIP Universitas Pattimura
  • Estevanus Kristian Huliselan Prodi Fisika, FKIP Universitas Pattimura
  • Marleny Leasa Prodi PGSD, FKIP Universitas Pattimura
Keywords: team games tournament, alat peraga sederhana, hasil belajar kognitif

Abstract

Penerapan model pembelajaran team games tournament (TGT) berbantuan alat peraga sederhana digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi magnet dan sifat-sifatnya. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VI SD Swasta 23 Leksula, Kabupaten Buru Selatan yang berjumlah 18 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes hasil belajar dan lembar observasi untuk siswa dan guru. Hasil tes awal menunjukan bahwa 100% kemampuan kognitif awal peserta didik pada kualifikasi gagal. Setelah penerapan model pembelajaran TGT berbantuan alat peraga sederhana, maka 100% peserta didik tuntas menguasai materi dan berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan rata-rata gain ternormalisasi 〈g〉, diperoleh bahwa peningkatan kemampuan kognitif peserta didik berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran TGT berbantuan alat peraga sederhana sangat baik diterapkan dalam proses pembelajaran IPA khususnya materi magnet dan sifat-sifatnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-04-29