KESENJANGAN TOPIK AKUNTANSI LEAN DALAM PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH AKUNTANSI BIAYA DAN AKUNTANSI MANAJEMEN PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA AMBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tingkat cakupan materi pemikiran lean dan akuntansi lean di dalam pembelajaran mata kuliah akuntansi biaya dan akuntansi manajemen pada jurusan/program studi akuntansi di Kota Ambon serta untuk menginvestigasi alasan dosen menambahkan atau tidak menambahan cakupan topik tersebut dalam aktivitas pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen akuntansi di Perguruan Tinggi di Kota Ambon. Teknik Penyampelan yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah survey kuesioner. Teknik Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para dosen menganggap bahwa topik akuntansi lean merupakan hal yang penting, namun demikian mayoritas yang signifikan ditunjukkan bahwa buku pilihan mereka saat ini tidak memberikan liputan tentang topik akuntansi lean dan mayoritas dosen menunjukkan bahwa mereka tidak melengkapi materi akuntansi biaya dan akuntansi manajemen dengan topik akuntansi lean karena mereka kekurangan waktu saat memberi perkuliahan, terbatasanya referensi yang tersedia dan mereka tidak cukup paham dengan topiknya. Hasil ini menjadi indikasi bahwa lulusan dari jurusan/program studi akuntansi di Kota Ambon hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki pemahaman tentang akuntansi lean, meskipun pengetahuan ini dbutuhkan dalam industri bisnis.
Downloads
Copyright (c) 2023 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.