MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI SMA NEGERI 11 AMBON
Abstract
Abstrak, Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning perlu diterapkan di SMA Negeri 11. Data kemampuan awal siswa diperoleh skor rata-rata pencapaian 28,5. Hasil penilaian proses menunjukkan bahwa pembelajaran berlangsung baik dan siswa memberikan perhatian penuh dalam menerima pembelajaran serta bekerja sama dalam kelompok sehingga rata-rata skor pencapaian hasil belajar siswa menggunakan model discovery ini 82,55. Hasil tes formatif siswa menunjukkan siswa telah menguasai indikator-indikator pembelajaran dengan baik sehingga rata-rata skor pencapaian tes formatif sebesar 76,5. Hasil nilai akhir siswa juga menunjukkan rata-rata skor pencapaian 79,52. Hal ini mengidentifikasikan bahwa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning siswa kelas XII-MIA3 SMA Negeri 11 Ambon dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa.
Downloads
References
Hamidah, L.,Gunawan,.& Taufik, M,.2018. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol 4 (1).
Pebrianti, D, Sahidu, H., & Sutrio. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Konseptual Untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol 1:92-96.
Purwanto, N. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogjakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Rizka, H. P, Albertus, D. L & Pramudya D. A. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Saintifika,6(2): 168-174.
Sudijono, Anas. 2011. Evaluasi Pedidikan.Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Copyright (c) 2023 PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.