Penggunaan Perangkat Lunak Matematika Berbasis Website Dalam Pembelajaran Matematika Kontekstual Untuk Siswa SMA Negeri 6 Maluku Tengah

  • Monalisa E. Rijoly Universitas Pattimura
  • Venn Yan Ishak Ilwaru Universitas Pattimura
  • Mozart W. Talakua Universitas Pattimura
  • Zeth A. Leleury Universitas Pattimura
  • Dorteus Lodewyik Rahakbauw Universitas Pattimura
Keywords: Pembejalaran Kontekstual, Matematika Kontekstual, Wolfram Alpha.

Abstract

Pendidikan diakui memiliki potensi untuk mengubah status sosial dan juga ekonomi suatu bangsa. Sebagai sarana utama bagi peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan mereka dalam berbagai ilmu, sekolah dianggap sebagai lembaga pemerintah yang krusial. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, seluruh elemen masyarakat, terutama siswa tingkat menengah atas, dihadapkan pada tuntutan untuk beradaptasi. Ini disebabkan oleh kebutuhan yang terus berubah di masyarakat dan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kualitas pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Atas (SMA). Pendekatan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) adalah salah satu metode yang bisa digunakan. Pendekatan ini dimulai dengan menggunakan situasi dunia nyata yang dialami siswa sebagai landasan pembelajaran, kemudian mengintegrasikannya ke dalam konsep matematika yang akan dipelajari dan dibahas. Dalam kerangka ini, pemanfaatan kemajuan teknologi dalam pembelajaran matematika memiliki potensi untuk meningkatkan pencapaian siswa dan mengasah keterampilan sosial siswa, dengan menggunakan perangkat lunak matematika yang berbasis grafis. Penggunaan perangkat lunak ini dalam implementasi pembelajaran berpendekatan kontekstual dianggap lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa jika dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran ekspositori.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Jupri. (2017). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung.

Arini, N. L. P. D., & Agustika, G. N. S. (2021). Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 50-59.

Astri, N. K. D., Wiarta, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 575-585.

Atik Krismiati. (2003). Penerapan Pembelajaran Dengan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Secara Berkelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas X SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 2(2):123-135.

A. Shodiqin, Sukestiyarno, Wardono, Isnarto, dan P.W. Utomo. (2019). Profil Pemecahan Masalah Menurut Krulik dan Rudnick Ditinjau dari Kemampuanan Wolfram Mathematica. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Basya, Y. F., Rifa’i, A. F., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan mobile apps android sebagai media pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman konsep. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1-9.

Devi Eka Wardani Meganingtyas. (2021). Pemanfaatan Software Cabri, GeoGebra, dan SketchUp sebagai Media Visualisasi Konsep Matematika pada Materi Geometri Ruang. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. 3(1):67-75.

Dewi Purnama Sari, Isnurani, R. Isnurani, Usep Rahmat, dan Nurullita sari. (2020). Penerapan Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari di SMAN 6 Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM). 2(2):134-140.

Joko Sulianto. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pytahgoras. 4(2):14-25.

Mathematics World. "Manfaat Pada Wolfram Matematika", http://petri06.blogspot.com/2018/04/manfaat-pada-wolfram-matematika.html. Diakses 22 April 2018.

Malinda, G. (2021). Efektivitas pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (studi kasus di SMA dan MA Kota Bengkulu). Didactical Mathematics, 3(1), 8-17.

Rijoly, M. E., Aulele, S. N., Haumahu, G., Ilwaru, V. Y. I., Rahakbauw, D. L., & Sinay, L. J. (2023). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Online Yang Terintegrasi Google Suite Bagi Jemaat GPM Imanuel OSM. PENGAMATAN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat untuk Ilmu MIPA dan Terapannya, 1(1), 23-29.

Suastika, I. K., & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), 60.

Supinah. (2008). Buku Pembelajaran Matematika SD dengan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Widyaputri, P. N. S., & Agustika, G. N. S. (2021). Media Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Pecahan dengan Pendekatan Kontekstual. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 45-52.

Published
2023-11-09