Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMP Negeri 19 Ambon
Abstract
Sertifikasi guru adalah suatu proses pemberian pengakuan bahwa seseorang guru dinyatakan telah memiliki kompetensi dan profesional untuk melaksanakan pelayanan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu, setelah lulus uji kompetensi yang diselenggarakan oleh lembaga sertifikasi. Dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan kuantitas dan kualitas guru profesional bersertifikat salah satu tuntutan yang harus dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah bentuk penelitian yang terjadi di dalam kelas berupa tindakan tertentu yang dilakukan untuk memperbaiki proses belajar mengajar guna meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya. Data Penelitian tindakan kelas dapat diolah dengan menggunakan software statistika untuk memudahkan pengambilan keputusan. Pengabdian kepada Masyarakat yang merupakan salah satu dari tri darma perguruan tinggi, dilaksanakan oleh program studi statistika FMIPA Universitas Pattimura dengan memberikan pelatihan pengolahan data penelitian tindakan kelas bagi guru SMP Negeri 19 Ambon yang sangat berguna bagu guru peserta pelatihan yang ingin melakukan penelitian tindakan kelas.
Teacher certification is a process of providing recognition that a teacher is declared to have the competence and professionalism to carry out educational services in a particular educational unit, after passing a competency test held by a certification body. In an effort to maintain and increase the quantity and quality of certified professional teachers, one of the demands that must be carried out is Classroom Action Research (PTK). PTK is a form of research that occurs in the classroom in the form of certain actions taken to improve the teaching and learning process in order to improve learning outcomes that are better than before. Classroom action research data can be processed using statistical software to facilitate decision making. Community Service, which is one of the three principles of higher education, is carried out by the FMIPA Statistics study program at Pattimura University by providing training in processing classroom action research data for teachers at SMP Negeri 19 Ambon which is very useful for trainee teachers who want to conduct classroom action research.
Downloads
References
A. Cahyana, “Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Menghadapi Sertifikasi,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 16, no. 1, pp. 85–91, 2010, doi: 10.24832/jpnk.v16i1.434.
M. Dini Siswani and Suwarno, “PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube Banyumas,” Khazanah Pendidik. J. Ilm. Kependidikan, vol. IX, no. 2, p. 11, 2016, [Online]. Available: http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/1062/983
N. S. Laamena and T. Talib, “PENERAPAN ANALISIS KLASTER HIERARKI UNTUK PENGELOMPOKAN KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI MALUKU BERDASARKAN STATUS PENDIDIKAN,” Sci. Map J., vol. 5, pp. 10–18, 2023.
U. Kesuma, “IMPLEMENTASI TUJUAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs PATRA MANDIRI PLAJU KOTA PALEMBANG,” Al-Tarbawi Al-Haditsah J. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 2, pp. 146–180, 2020, doi: 10.24235/tarbawi.v5i2.6387.
E. Rifanty, “Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Peserta Didik Kelas V Sd Muhammadiyah Condongcatur,” J. Jpsd, vol. 1, no. 1, p. 6, 2019, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd
Faradiba, “Penggunaan Aplikasi Spss Untuk Analisis Statistika Program,” SEJ (School Educ. J., vol. 10, no. 1, pp. 65–73, 2020.
M. Hasyim and T. Listiawan, “Penerapan Aplikasi IBM SPSS Untuk Analisis Data Bagi Pengajar Pondok Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung Demi Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Kreativitas Karya Ilmiah Guru,” J-ADIMAS (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 2, no. 1, pp. 28–35, 2014.
G. S. M. K. A. Mranggen, D. Wulandari, A. Handayanto, H. Purwati, and A. N. Aini, “PKM Penggunaan SPSS untuk Olah Data dalam Penelitian,” vol. 3, no. 3, pp. 72–74, 2023.
U. U. Weruin, L. Aritonang, M. Tjokro Saputro, and H. Budiono, “Penelitian Tindakan Kelas Dengan Menggunakan Spss Bagi Guru Smk Santo Leo Jakarta,” J. Bakti Masy. Indones., vol. 3, no. 2, pp. 439–446, 2021, doi: 10.24912/jbmi.v3i2.9425.
Z. Zamzaili, S. Haji, B. Swita, and H. Ardy, “Pelatihan Pengolahan Data Statistika untuk Penelitian Tindakan Kelas Berbantuan Komputer pada Guru SMP Kota Bengkulu,” Andromeda J. Pengabdi. Masy. Rafflesia, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2022, doi: 10.33369/andromeda.v2i1.21508.