Pengenalan Konsep Peluang dengan Media Pembelajaran Berbasis Eksperimen Sederhana bagi Siswa SMPN 19 Ambon
Abstract
Literasi numerik adalah salah satu dari 6 jenis literasi dasar yang harus dikuasai oleh setiap siswa yang mendapatkan pendidikan di Indonesia pada seluruh jenjang. salah satu komponen dari literasi numerik yaitu pemahaman, interpretasi, serta penyajian data maupun peluang. Namun pada umumnya kemampuan literasi numerik pada komponen tersebut masih lemah dikuasai oleh siswa SMP di Indonesia, termasuk di SMPN 19 Ambon yang menjadi salah satu sekolah di Kota Ambon yang cukup fokus pada isu literasi numerik. Salah satu upaya untuk membantu siswa memahami konsep peluang adalah dengan menerapkan pembelajaran menggunakan alat peraga agar siswa tidak hanya menerima materi dari guru, namun siswa dilibatkan untuk ikut menemukan konsep peluang. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan menerapkan pembelajaran berbasis eksperimen sederhana dalam mengenalkan beberapa konsep peluang, dengan alat peraga berbasis media kertas,. Secara umum kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari siswa maupun guru di SMPN 19 Ambon. Pada akhirnya, kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa untuk lebih memahami konsep peluang, serta sebagai contoh bagi guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis eksperimen sederhana sebagai bahan pembelajaran terkait konsep peluang.
Downloads
References
[2] Kemendikbudristek, Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah. Jakarta, 2021.
[3] B. T. Pramesti dan H. L. Mampouw, “Analisis Pemahaman Konsep Peluang Siswa SMP Ditinjau dari Teori APOS,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, hal. 1054–1063, 2020, doi: 10.31004/cendekia.v4i2.230.
[4] R. Rohendi, “Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Statistika,” Sci. J. Inov. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 2, no. 3, hal. 398–404, 2022, doi: 10.51878/science.v2i3.1591.
[5] A. Setio dan B. Baiduri, “Statistical Literacy: A Preliminary Research to Identify Student’s Level in Solving AKM Problems Based on Watson Category,” J. Teach. Learn. Math., vol. 1, no. 1, hal. 33–41, 2023, doi: 10.22219/jtlm.v1i1.28278.
[6] S. S. Muslim, S. Prayitno, Nilza Humaira Salsabila, dan A. Amrullah, “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di SMPN 7 Mataram,” Griya J. Math. Educ. Appl., vol. 2, no. 2, hal. 295–303, 2022, doi: 10.29303/griya.v2i2.192.
[7] H. Salatin, P. Sopanema, dan N. Wattiheluw, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Statistik Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah,” IAIN Ambon, 2020. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.iainambon.ac.id/1034/1/BAB I%2C III%2C V.pdf
[8] S. B. P. Wibowo dan S. Sutarni, “Mathematical Literacy of Junior High School 5 Kudus Students in Solving HOTS Problems on Statistics Material,” in AIP Conf. Proc. 2886, 2023, hal. 020016. doi: 10.1063/5.0154661.
[9] N. Setiani, Y. Roza, dan Maimunah, “Analisis Kemampuan Siswa dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang pada Siswa SMP,” Pros. Semin. Nas. Mat. dan PendidikanMatematika Sesiomadika 2019, vol. 06, no. 02, hal. 575–581, 2019.
[10] N. Mulya, E. Nurlaelah, dan S. Prabawanto, “Students Statistical Literacy on Junior High School,” Int. Conf. Math. Sci. Educ. Univ. Pendidik. Indones., vol. 3, hal. 710–714, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://science.conference.upi.edu/proceeding/index.php/ICMScE/issue/view/3
[11] J. M. Watson, Statistical Literacy at School: Growth and Goals. New York: Routledge, 2011.
[12] R. Permatasari dan R. Nuraeni, “Kesulitan Belajar Siswa SMP Mengenai Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Statistika,” Plusminus J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, hal. 145–156, 2021, doi: 10.31980/plusminus.v1i1.1033.
[13] Daryanto, Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2020.
[14] R. Hanah, G. Muhsetyo, dan S. Sisworo, “Penggunaan Bahan Manipulatif untuk Memahamkan Materi Peluang pada Siswa SMP dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 1, no. 5, hal. 927–939, 2016.
[15] S. Syahrir, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 2, no. 1, hal. 436, Okt 2016, doi: 10.58258/jime.v2i1.195.