Pembelajaran Matematika Keuangan Kreatif dan Menyenangkan Dalam Upaya Membangun Kecerdasan Finansial Siswa Kelas V dan VI SD Negeri 2 Halong
Abstract
Pembelajaran matematika keuangan secara kreatif dan menyenangkan merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan bagi siswa-siswi SD Negeri 2 Halong, yang bertujuan untuk menerapkan pembelajaran matematika keuangan bagi siswa untuk pemecahan masalah-masalah keuangan. Pembelajaran dilakukan secara menyenangkan dan kreatif, yang dimulai dengan paparan materi, pemberian kuis secara berkelompok menggunakan aplikasi Wordwall, pemberian tips menghitung diskon secara cepat, dan pemberian soal untuk dijawab secara cepat dan tepat oleh para siswa. Pembelajaran kreatif dan menyenangkan bagi para Siswa SD Negeri 2 Halong dapat terlaksana dengan baik dan dinilai bermanfaat sebagai dasar menuju kecerdasan finansial. Respon aktif dan positif dari para siswa sangat terasa dalam interaksi dua arah yang terjadi antara Narasumber dan para siswa. Diharapkan para siswa akan semakin termotivasi untuk mempelajari matematika keuangan dari permasalahan keuangan di kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
E. Yayuk, Pembelajaran Matematika SD, Malang: UMM Press, 2019.
N. Lewaherilla, L. J. Sinay, L. Bakarbessy and Yudistira, "Pemanfaatan Apliaksi Kahoot Dalam Pembelajaran Matematika Keuangan Bagi Siswa SMA Negeri 14 Maluku Tengah," Pengamatan: Jurnal Pengabduan Masyarakat untuk Ilmu MIPA dan Terapannya, vol. 1, no. 1, 2023.
Y. Romadiastri, "Membangun Kecerdasan Finansial dengan Matematika Keuangan," Jurnal PHENOMENON, vol. 1, no. 1, pp. 99-113, 2011.
T. Pujiarti, "Pengaruh Pengunaan Teknik Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar," Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), vol. 3, no. 1, pp. 30-35, 2022.
D. B. Porter, Menyenangkan, Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan, Jakarta: Kaifa Learning, 2012.
P. S. Siregar, L. Wardani and R. G. Hatika, "Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 010 Rambah," Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, vol. 5, no. 2, pp. 743-749, 2017.
U. F. Handayani and R. Hasanah, "Kategori Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bunga Tunggal dan Majemuk," Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 1, pp. 25-41, 2024.
M. F. Arifin, "Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya pada Pembelajaran Matematika SD/MI," JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, vol. 1, no. 5, pp. 989-1000, 2020.
I. S. Syafruddin and H. Pujiastuti, "Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 Tangerang," Suska Jurnal of Mathematics Education, vol. 6, no. 2, pp. 089-100, 2020.
N. M. Agusti, "Efektifitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar," Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 5794-5800, 2022.
M. Mini Lesson, "Learn Simple Interest in 3 Minutes," [Online]. Available: https://www.youtube.com/watch?v=jtFE94lf7Vw&list=PPSV.
O. C. Juliet and C. E. Gerogina, "Influence of Simulation Game Card in Teaching and Learning of Simple Interest, Profit and Loss in Mathematics in Junior Secondary Schools in Nkane East Local Governmenr Area of Enugu State," ESCET Journal of Educational Research and Policy Studies (ESCJERPS), vol. 2, no. 2, pp. 36-45, 2022.
A. Kwan, "Cara Menghitung Bunga Sederhana," [Online]. Available: https://id.wikihow.com/Menghitung-Bunga-Sederhana.
B. Frensidy, Matematika Keuangan, 4 (Revisi) ed., Jakarta: Salemba Empat, 2021.
A. Herawati, "Cara Menghitung Persentase Diskon Beserta Rumus dan Contoh Kasusnya," Kledo, [Online]. Available: https://kledo.com/blog/menghitung-persentase-diskon/.