Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Matematika dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Bagi Siswa SMP Negeri 8 Ambon

  • Monalisa E. Rijoly Universitas Pattimura
  • Mozart W. Talakua Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Pattimura
  • Zeth A. Leleury Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Pattimura
  • Dyana Patty Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Pattimura
  • Berny P. Tomasouw Program Studi Statitika Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Pattimura
Keywords: Pembelajaran Matematika, Software Matematika, Motivasi Belajar.

Abstract

Matematika sering kali dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang menantang bagi siswa SMP, terutama karena kompleksitas konsep, pendekatan pengajaran yang mungkin tidak selalu sesuai dengan kebutuhan individu siswa, dan kurangnya pemahaman tentang bagaimana matematika dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, di tengah perkembangan teknologi digital saat ini, pendekatan untuk pembelajaran matematika telah mengalami perubahan signifikan. Teknologi telah memberikan akses yang lebih luas terhadap berbagai aplikasi matematika yang dirancang untuk membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih interaktif dan menarik. Aplikasi (software) matematika menawarkan beragam fitur yang dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, seperti tutorial interaktif, kuis, permainan, dan simulasi. Fitur-fitur ini tidak hanya memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri di luar lingkungan kelas, tetapi juga dapat meningkatkan motivasi mereka untuk terlibat dalam pembelajaran. Misalnya, permainan, tantangan, dan sistem poin dan reward dapat memberikan dorongan positif bagi siswa untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan dalam memahami pelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-11-20