PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN SWAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi elastisitas dan Hukum Hooke kelas XI SMA Negeri 2 Seram Bagian Barat menggunakan model pembelajaran cooperative learning berbantuan media sway. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain penelitian one group pretest-posttest, subjek penelitian adalah berada pada kelas XI MIA-1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis awal peserta didik 100% berada pada kualifikasi sangat rendah dengan rerata skor pencapaian yaitu 13,22. Selama proses pembelajaran berlangsung dengan memberikan perlakuan, rerata skor pencapaian peserta didik adalah 91,1 yang berada pada kualifikasi sangat tinggi. Kemampuan berpikir kritis akhir peserta didik 100% mengalami peningkatan dengan rerata skor 79,22 yang berada pada kualifikasi tinggi. Untuk hasil uji N-Gain diperoleh reratanya adalah sebesar 0,75 atau berada pada kualifikasi tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran sway dengan model cooperative learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi elastititas dan hukum hooke kelas XI SMA Negeri 2 Seram Bagian Barat
Downloads
Copyright (c) 2023 Reico Wattimury, Cicylia Triratna Kereh, Jamaludin Jamaludin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.