PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI ALAT-ALAT OPTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA

  • Meidiyanti C Neyte Prodi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Pattimura
  • Elsina Tamaela Prodi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Pattimura
  • David Tuhurima Universitas Pattimura
Keywords: Alat-Alat Optik, Discovery Learning, Lectora Inspire, Pemahaman Materi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman materi fisika alat-alat optik  pada peserta didik kelas XI pada SMA Negeri 1 Kairatu. Tujuan penelitian ini untuk  meningkatkan pemahaman peserta didik dengan menerapkan model  discovery learning berbantuan media interaktif Lectora Inspire tentang materi alat-alat optik. Tipe penelitian deskriptif dengan desain one group pretest-postest design ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi teknik tes yaitu pretest dan postest juga teknik non tes yaitu menggunakan Lembar kerja peserta didik (LKPD). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Seram Bagian Barat sebanyak 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan penguasaan materi dengan kategori yang sedang berdasarkan rata-rata nilai uji gain yaitu 0,8. Pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berbantuan media interaktif Lectora Inspire dilakukan dengan langkah-langkah yaitu stimulation, problem statement, data collecting, data processing, verification and generalization.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-30
How to Cite
Neyte, M., Tamaela, E., & Tuhurima, D. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI ALAT-ALAT OPTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA. Science Map Journal, 6(1), 38-43. https://doi.org/10.30598/jmsvol6issue1pp38-43