IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI GERAK DAN GAYA

  • Yuliana Namkatu Universitas Pattimura
  • Izaak Hendrik Wenno Universitas Pattimura
  • Juliana Nirahua Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pattimura
Keywords: Gerak dan Gaya, Penguasaan Materi, Problem Solving

Abstract

Model Problem Solving adalah model pembelajaran yang memberi peluang peserta didik untuk memecahkan masalah yang diberikan secara mandiri sehingga mampu memperoleh konsep dan kemudian mampu menerapkan konsep yang telah diperolehnya untuk memecahkan masalah dalam bentuk lainnya. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi gerak dan gaya dalam pembelajaran IPA pada peserta didik kelas Vll SMP Negeri 22 Ambon yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving. Tipe penilitian ini adalah one-Group Pretest-postest Design, dengan 19 peserta didik sebagai sampel penilitian yang diperoleh dengan menggunakan teknik acak (secara undi). Data penilitian ini dihimpun melalui instrument tes dan non tes, instrument tes berupa tes awal dan akhir, sedangkan instrumen non tes berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). HasilĀ  penilitian menujukkan penguasaan materi awal, 100% peserta didik berada pada kualifikasi gagal dengan rerata nilai adalah 29. Hasil analisis selama proses pembelajaran berlangsung menunjukan rerata skor pencapaian peserta didik 81,7 berada pada kualifikasi baik. Rerata skor pencapaian skor akhir peserta didik mencapai 81,8 dengan kualifikasi sangat baik. Untuk hasil Uji N-Gain diperoleh rerata skor peserta didik 0,74 berada pada kualifikasi tinggi. Dengan demikin dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Sovling dapat meningkatkan penguasaan materi gerak dan gaya dalam pembelajaran IPA pada peserta didik kelas Vll SMP Negeri 22 Ambon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.

Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. Jurnal eksakta, 2(1), 34-40.

Asfar, A. I. T., & Nur, S. (2018). Model pembelajaran problem posing & solving: meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Hakke, R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. Dept. of Physics, Indiana University.

Ilyas, M., & Armizi, A. (2020). Metode mengajar dalam pendidikan menurut Nur Uhbiyati dan E. Mulyasa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 185-196.

Kaif, S. H. (2022). Strategi Pembelajaran (macam-macam strategi pembelajaran yang dapat diterapkan guru). Inoffast Publishing Indonesia.

Kusumawati, N. (2022). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cv. Ae Media Grafika.

Monoarfa, M., Sinaga, A. V., Ariastuti, W., & Wizerti, S. (2024). Integrasi Nilai Budaya Dan Perkembangan IPTEK Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Publikasi Pendidikan, 14.

Nauli, I. (2023). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Partisipasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VII-I SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jurnal Tarombo, 4(1 Februari), 47-56.

Pratiwi, D. T., & Alyani, F. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD pada materi pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 136-142.

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan praktik model pembelajaran berdiferensiasi implementasi kurikulum merdeka belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023, September). Pendidikan adalah faktor penentu daya saing bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK) (Vol. 5, pp. 84-90).

Siswanti, A. B., & Indrajit, R. E. (2023). Problem based learning. Penerbit Andi.

Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis kemampuan berpikir tingkat tinggi mata pelajaran tematik kelas IV sekolah dasar. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301-311.

Yusuf, B. (2024, November). Transformasi Pendidikan Di Era 4.0: Intelektualitas Guru Tercipta, Kualitas Sekolah Terjaga. In Proceedings of International Conference on Educational Management (Vol. 2, No. 2, pp. 20-36).

Published
2025-06-19
How to Cite
Namkatu, Y., Wenno, I. H., & Nirahua, J. (2025). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI GERAK DAN GAYA. Science Map Journal, 7(1), 14-21. https://doi.org/10.30598/jmsvol7issue1pp14-21