IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT PADA KONSEP REDUKSI-OKSIDASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 AMBON

  • A Belseran Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Pattimura Ambon
  • S Unwakoly Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Pattimura Ambon
  • F Al Hamid Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Pattimura Ambon
Keywords: Power Point, Respon, Hasil Belajar, Reduksi-Oksidasi

Abstract

Telah dilakukan penelitian pembelajaran pada konsep reduksi-oksidasi yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media pembelajaran power point  kelas X SMA Negeri 6 Ambon. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA1 SMA Negeri 6 Ambon semester genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi belajar siswa. Dari hasil analisa data diperoleh bahwa hasil belajar siswa kelas X MIA1 telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu pada aspek kognif, afektif, psikomotor dengan nilai akhir yang diperoleh adalah kualifikasi sangat baik 3 siswa (14,09%), kualifikasi baik 14 siswa (66,66%), dan kualifikasi cukup 4 siswa (19,05%). Data pencapaian N-gain yang diperoleh yaitu 17 siswa (80,95%) mencapai kategori gain tinggi dan 4 siswa (19,05%) mencapai gain sedang. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan power point diperoleh presentase rata-rata sebesar 76,69% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran power point memberikan hasil dan respon yang baik untuk hasil belajar siswa pada konsep reduksi-oksidasi dengan kriteria pencapaian n-gain yang diperoleh adalah 0,77.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gusbandono, T., Sukardjo, J.S., & Utomo, S.B. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Student Team
Achievement Division (STAD)Dilengkapi Media Animasi Macromedia Flash Dan Plastisin Terhadap
Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Sambung
macan Tahun Pelajaran 2012/2013. Program Studi Pendidikan Kimia, PMIPA, FKIP, UNS, Surakarta
Indonesia. Jurnal Pendidkan Kimia (JPK). Vol.2, No.4.ISSN: 2337-9995. 102-109.
Harjanto. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Kaluku, A. (2016). Aplikasi Media Pembelajaran Macromedia Flash Pada Konsep Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Mabrur Ambon. Skripsi.
Nuraini, R. (2013). Penerapan Contextual Teaching Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Memupuk. Universitas Pendidikan Indonesia. repository.upi.edu.23-34
Ratumanan, T.G. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press,106.
Riduwan. (2008). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan PenelitiPemula. Bandung: Alfabeta,89
Sofyanti, Y. (2012). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran PowerPoint berbasis Goggle Translate Terhadap
Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris. (Penelitian Quasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Amik Garut
Tahun Ajaran2011/2012) Artikel penelitian. 1-10.
Suarna, N. (2008). Pedoman panduan praktikum: Microsoft office powerpoint. Bandung: C.V YramaWidya.
Sudijono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Paja Grafindo Persada
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta
Yulius, O. (2010). Akses Cepat Menguasai Microsoft Office 2010. Jakarta: Jalur Masmedia
Published
2020-08-25
How to Cite
Belseran, A., Unwakoly, S., & Al Hamid, F. (2020). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT PADA KONSEP REDUKSI-OKSIDASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 AMBON. Science Map Journal, 2(1), 32-36. https://doi.org/10.30598/jmsvol2issue1pp32-36