PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 19 AMBON MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) PADA MATERI ASAM, BASA DAN GARAM

  • Amahoru Marsye Universitas Pattimura
  • S Unwakoly Universitas Pattimura
  • Y Manoppo Universitas Pattimura
Keywords: model pembelajaran predict observe explain, asam, basa, garam, hasil belajar

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi asam, basa dan garam melalui penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Ambon. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII5 yang berjumblah 27 peserta didik. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Instrument yang digunakan berupa tes awal, LKPD, tes akhir dan non tes berupa lembar pengamatan afektif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tes awal semua peserta didik belum mencapai KKM, dan hasil belajar peserta didik berupa tes akhir menunjukan 8 peserta didik (29,96%) berada pada kualifikasi sangat baik, kualifikasi baik 12 peserta didik  (44,44%) dan kualifikasi  cukup 7 peserta didik (25,6%). Kemudian untuk hasil analisis N-gain menunjukan  21 peserta didik yang mencapai (77,78%) yang ada pada kotegori tinggi dan 6 peserta didik yang mencapai (22,22%) ada pada kategori sedang dan tidak ada pada kategori rendah. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Ambon pada materi asam, basa dan garam

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-22
How to Cite
Marsye, A., Unwakoly, S., & Manoppo, Y. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 19 AMBON MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) PADA MATERI ASAM, BASA DAN GARAM. Science Map Journal, 3(1), 25-33. https://doi.org/10.30598/jmsvol3issue1pp25-33