PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE PADA KONSEP LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 6 MALUKU TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah proses ppembelajaran dengan menerapkan metode drill and practice pada konsep larutan penyangga unntuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Maluku Tengah. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas Xi ipa1 yang terdiri dari 23 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukaan, selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode drill and practice sebagian besar peserta didik telah memenuhi nilai KKM (68). Dengan nilai tes akhir terdapat 18 peserta didik (78%) yang dikategorikanm tuntas. Terdapat 5 peserta didik (22%) yang dikategorikam tidak tuntas dalam memenuhi nilai KKM (68). Adapun nilai pencapaian N-gain yaitu terdapat 14 peserta didik (60,86%) dikategorikan tinggi dan 9 (39,13%) dikategorikan sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan setelah diterapkan metode drill and practice terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik
Downloads
Copyright (c) 2021 Harlia Harlia, Abraham Mariwy, F Al Hamid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.