PENERAPAN VIRTUAL LEARNING CLASS MENGGUNAKAN MODEL FLIPED CLASSROOM DALAM ZOOM MEETING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI GERAK LURUS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 9 AMBON
Abstract
masih belum dapat meningkatkan penguasaan materi peserta didik berdasarkan nilai rata-rata ulangan harian dengan KKM 70, pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Ambon. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran flipped classroom yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan materi peserta didik. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Ambon dengan jumlah 368 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII3 yang berjumlah 22 peserta didik, diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel bertujuan (purposive sampling) diperoleh hasil penelitian kemampuan awal peserta didik berada dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dengan nilai rata-rata 21,67 dimana 22 (100%) berada pada kualifikasi gagal sehingga semua indikator dalam penelitian harus diajarkan. Kemudian setelah diberikan perlakuan pada saat proses belajar mengajar berlangsung hasil tugas akhir meningkat dengan rata-rata 82,43. Selain dari hasil tersebut dapat dibuktikan juga melalui uji N-Gain dimana peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata gain sebesar 0.76 termasuk dalam kualifikasi tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan virtual learning class menggunakan model flipped classroom dalam zoom meeting dapat meningkatkan penguasaan materi IPA fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Ambon
Downloads
Copyright (c) 2021 Dian Supardan, David Tuhurima, Asry Latupeirissa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.