MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA SMP

  • Christina Saija Universitas Pattimura
  • Juliana Selvina Molle Universitas Pattimura
  • Magy Gaspersz Universitas Pattimura
Keywords: group investigation, hasil belajar, kubus, balok

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi saat proses belajar mengajar dan pemahaman siswa dalam materi kubus dan balok masih kurang sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation pada siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung selama 2 siklus. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan siswa adalah 53%. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 80%. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa telah meningkat 27% dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi kubus dan balok.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-08
How to Cite
Saija, C., Molle, J., & Gaspersz, M. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA SMP. Science Map Journal, 3(2), 70-76. https://doi.org/10.30598/jmsvol3issue2pp70-76