PROFIL HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN SETTING KOOPERATIF (PISK)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Ambon dengan menggunakan model Pembelajaran Interaktif Dengan Setting Kooperatif (PISK) pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII3 SMP Negeri 10 Ambon yang berjumlah 22 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendidik berperan sebagai pengajar dan berlangsung dalam 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Nilai akhir siklus I menunjukkan sebanyak 50% (11 orang siswa) yang memperoleh nilai . Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai  meningkat menjadi 86,36% (19 orang siswa). Ini berarti bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 36,36%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Interaktif dengan Setting Kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel
Downloads
Copyright (c) 2022 Friscilin Syalom Olie, Christina M Laamena, Tanwey G Tanwey
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.