IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATERI IKATAN KIMIA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA NEGERI 3 DOBO
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 3 Dobo pada materi ikatan kimia menggunakan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe index card match. Tipe penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kuantitatif dengan sampel 22 peserta didik dari kelas X MIA 1. Berdasarkan hasil penelitian, di temukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 86% telah mencapai KKM. 8 peserta didik (36%) pada kualifikasi sangat baik, 5 peserta didik (23%) pada kualifikasi baik, 6 peserta didik (27%) pada kualifikasi cukup, dan 3 peserta didik (14%) tidak mencapai KKM atau gagal. Data pencapaian N-gain yaitu 13 peserta didik (59%) berada pada kategori tinggi dan 9 peserta didik (41%) berada pada kategori sedang, dengan pencapaian N-gain sebesar 0,72 dengan demikian, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada materi ikatan kimia.
Downloads
Copyright (c) 2022 Yohana A Selfanay, Y Utubira, Y T Filindity
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.