ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 KAIRATU DALAM MENYELESAIKAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

  • Farah Alvionita Universitas Pattimura
  • Theresia Laurens Universitas Pattimura
  • Carolina S Ayal Universitas Pattimura
Keywords: disposisi matematis, kemampuan berpikir kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kairatu dalam menyelesaikan materi sistem persamaan linier dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif-kualitatif. Sumber dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kairatu dan subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa diantaranya 1 orang mewakili masing-masing katagori kemampuan berpikir kreatif (tinggi, sedang, dan rendah). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes kemampuan berpikir kreatif, dan angket disposisi matematis. Hasil penelitian menujukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel masih rendah dengan presentase 77, 78%, dimana presentase untuk indikator fluency 3,70%, indikator flexibility 3,70%, indikator originality 0%, dan indikator elaboration 11,11%. Disposisi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kairatu berada pada kategori sedang dengan presentase 48,14%

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-21
How to Cite
Alvionita, F., Laurens, T., & Ayal, C. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 KAIRATU DALAM MENYELESAIKAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Science Map Journal, 4(1), 31-39. https://doi.org/10.30598/jmsvol4issue1pp31-39