EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBANTUAN WEBSITE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

  • Wiwin Apriani Universitas Sains Cut Nyak Dhien Langsa
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Almuslim
Keywords: bahan ajar, efektivitas, pemahaman, matematika, website

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat peningkatan pemahaman konsep matematis mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar berbasis website. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan yaitu 30 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sains Cut Nyak Dhien. Adapun hasil dari penelitian ini diperoleh nilai pemahaman konsep matematis dengan penggunanaan bahan ajar berbasis website pada kategori tinggi sebesar 25,158, sedangkan sebanyak 17,98 diperoleh untuk pemahaman konsep matematis mahasiswa dikategorikan rendah. Pada kelas kontrol untuk kategori tinggi diperoleh lebih dari 23,6 dan dikategorikan sedang yaitu diantara 16,88 dan 23,6. Selain itu, untuk mahasiswa yang dikategorikan rendah yaitu kurang dari 16,88. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dalam penggunaan bahan ajar berbantuan website terhadap pemahaman konsep matematis mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, S. R. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Wrb Course Berbantuan Google Clasroom, Whatshap Group Terhadap Pemahaman Kosep. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 917–925.

Apriani, W. (2020). Efektivitas Blended Learning Berbantuan SPSS terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistik. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1), 12-16.

Apriani, W. (2021). Pengaruh pengawas sekolah terhadap efektivitas mengajar pada sekolah dasar negeri (SDN) 007 Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat. ADMINISTRASI PUBLIK, 1(2), 1597-1611.

Arifah, U. (2017). Menumbuhkan kembangkan kemampuan pemahan konsep matimatika dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery. UNION: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(3), 263–272.

Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi microsoft power point pada siswa SMP VII Dalam pembelajaran koordinatKartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 15–19.

Komalasari, B. (2018). Peningkatan pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU- MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292.

Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Plantet Questions Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Trigonometri di Kelas X SMAN 1 Bireuen. Jurnal Pendidikan Almuslim, 7(1).

Nurhayati, N., & Novianti, N. (2020). Pengaruh SPSS Terhadap Hasil Belajar pada Materi Statistika Deskriptif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 101-107.

Nurhayati, N., & Wahyuni, R. (2020). Penggunaan Model Discovery Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 31-36.

Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Sari, R. L. P. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2), 99–109.

Rismawati, M. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matimatika mahasiswa PGSD STKIP persada khatulistiwa sintang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(1), 91–105.

Salehha, O. P., Khaulah, S., & Nurhayati, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berbantuan Kartu Domino. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81-93.

Salehha, O. P., & Nurhayati, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Musamus Jurnal of Mathematics Education, 3(2), 48-56.

Setyanto, A., E. (2013). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 37-48.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Umam, E. A. (2021). Bagaimana Bahan Ajar Berbasis Website Membantu Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1493–1506.

Wahyuni, R., & Nurhayati, N. (2019). Kemandirian belajar mahasiswa melalui blended learning pada mata kuliah matematika ekonomi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(2), 76-81.Wulandari, S. (2015). Unnes Journal of Mathematics Education. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(1), 42–49.

Published
2023-06-08
How to Cite
Apriani, W., & Nurhayati, N. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBANTUAN WEBSITE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Science Map Journal, 5(1), 47-52. https://doi.org/10.30598/jmsvol5issue1pp47-52