KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

  • Nurhayati Nurhayati Univesitas Musamus
  • Andi Azizah Universitas Musamus
  • Rusli Rusli Universitas Musamus
Keywords: media digital, berpikir kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis digital terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Media digital yang digunakan merupakan video pembelajaran yang berisi suara, animasi gambar dan langkah-langkah penyelesaian dalam menyelesaikan soal pada mata kuliah matematika dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental berbentuk one group pretest posttest. Subjek penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa semester ganjil yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian ini berupa tes soal untuk mengukur tingkat berpikir kreatif mahasiswa berdasarkan keberhasilan mahasiswa dalam memahami konsep yang dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-gain sebesar 0,60 berada pada kategori sedang, sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung  = 29,471 lebih besar dari ttabel = 1,721 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media digital efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan diperoleh respon yang baik dari mahasiswa sebagai pengguna media tersebut

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-25
How to Cite
Nurhayati, N., Azizah, A., & Rusli, R. (2024). KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Science Map Journal, 6(1), 1-6. https://doi.org/10.30598/jmsvol6issue1pp1-6