PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DIPADUKAN DENGAN SEPAK BOLA VERBAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP SISTEM PERNAPASAN KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 AMBON

  • Prelly M J Tuapattinaya Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura
  • Fania F Sernarsak Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura
  • Kristin Sangur Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura
Keywords: Think Pair Share (TPS), Sepak Bola Verbal, Keaktifan, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan

Abstract

Pemilihan strategi dan model pembelajaran yang tepat dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat mengoptimalkan proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Ambon tentang konsep sistem pernapasan melalui pernerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dipadukan dengan sepak bola verbal. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 4 Ambon yang diambil secara random sampling. Penelitian dilakukan pada 31 Januari - 28 Februari 2017 menggunakan metode deskriptif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran TPS dipadukan dengan sepak bola verbal mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan sangat baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abong, R. 2015. Konstelasi Kurikulum Pendidikan Di Indonesia. Jurnal At-turats, 9(2): 37-47.

Adnyana, I.K.A.A., dan Sujadi, A. A. 2015.Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Sepak Bola Verbal. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2): 119-124.

Amelia, C., Azmi, J. & Holiwarni, B. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Sepak Bola Verbal Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Reaksi Redoks di Kelas X SMA Negeri 1 Rengat. Artikel Ilmiah. Riau: FKIP Universitas Riau.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bamiro, A.O. 2015. Effects of Guided Discovery and Think-Pair-Share Strategies on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry. Sage Journal, 2015: 1-7.

Connelly, D. J. (2010). The extent that class wide peer tutoring impacts student motivation, comprehension and academic achievement. (Unpublishedmaster’s thesis). Caldwell College, New Jersey.

Ginnis, P. 2008. Trik Dan Taktik Mengajar, Strategi Meningkatkan Pengajaran di Kelas. Jakarta: PT Index.

Hamdan, R.K.A. 2017. The Effect of (Think – Pair – Share) Strategy on the Achievement of Third Grade Student in Sciences in the Educational District of Irbid, Journal of Education and Practice, 8(9): 88-95.

Hetika, Farida, I., dan Sari, Y.P. 2017. Think Pair Share (TPS) as Method to Improve Student’s Learning Mo-tivation and Learning Achievement, Dinamika Pendidikan, 12 (2):125-135

Hiryanto. 2017. Pedagogi, Andragogi Dan Heutagogi Serta Implikasinya dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22 (01): 65-71.

Hisyam, Z., Bermawy, U. & Aryani, S.A. 2012. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Holbrook, J. (2010). Introduction to the Special issue of Science Education International Devoted to PARSEL. Science Education International 19(3), 257-266.

Jannah, M. 2017. Pengaruh Strategi Direct Instruction Berbasis Sepak Bola Verbal Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.

Lee, C, Li, H., dan Shahrill, M. 2018. Utilising the Think-Pair-Share Technique in the Learning of Probability. International Journal on Emerging Mathematics Education, 2(1): 49-64.

Lom, B. 2012. Classroom activities: simple strategies to incorporate student-centered activities within undergraduate science lectures. Journal of Undergraduate Neuroscience Education, 11(1), A64-A71.

Murniati. 2017.Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Sepak Bola Verbal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Teks Cerita Sejarah di Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Pekanbaru.Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 5(2):199-206

Nerita, S. 2012. Penerapan Strategi Sepak Bola Verbal Disertai LKS Pada Pembelajaran Biologi di Kelas VII MTsN Sibusuk Kabupaten Sijunjung. Jurnal Pelangi, 3(2):1-15.

Ogunyebi, Tunji Henry. 2018.Enhancing Science Performance through Think-Pair Strategies among College of Education Students in Integrated Science in Ekiti State, Nigeria. International Journal of Education and Evaluation, 4(4): 55-66

Putri, A.A.K., Rochani, S. & Subagya, S. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X IIS SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Ramdiah, S. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran TPS terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Putra Kelas XI SMAN di Banjarmasin. Proceeding Biology Education Conference, 13(1): 368-371.

Sapsuha, S. 2013. Think Pair Share Technique To Improve Students’ Reading Comprehension. ICE-Ed conference. ELT Practices in Asia: Challenges and Opportunities, 2013

Uno, H.B. 2013. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan Kreatif Efektif, Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wulandari, A.K., Amran, E.Y. & Copriady, J. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Sepak Bola Verbal Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam di Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Pekanbaru. Artikel Ilmiah. Riau: FKIP Universitas Riau.

Wallner, T., dan Wagner, G. 2016. ACADEMIC EDUCATION 4.0. International Conference on Education and New Developments 2016: 155-159

Zaitoun, A. M. (2007). Constructivist theory and strategies for teaching science, Dar alshrouq for Publishing and Distribution, first (ed), Amman-Jordan.66.1-9

Published
2019-05-14
How to Cite
TuapattinayaP., SernarsakF., & SangurK. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DIPADUKAN DENGAN SEPAK BOLA VERBAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP SISTEM PERNAPASAN KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 AMBON. Science Map Journal, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.30598/jmsvol1issue1pp1-8