PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DIPADU DENGAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 AMBON PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

  • Yeslina Patty Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura
  • M Nur Matdoan Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura
  • S Liline Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura
  • Tri Santi Kurnia Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura
Keywords: Reciprocal Teaching, Reading, Questioning, and Answering, Hasil Belajar, Retensi

Abstract

Penelitian untuk mengetahui hasil belajar dan retensi siswa dengan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dipadu dengan Reading, Questioning, and Answering pada materi sistem ekskresi telah dilakukan pada tanggal 21 Mei – 21 Juni 2018. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk untuk mengetahui hasil belajar siswa dan  retest untuk mengetahui retensi siswa. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui nilai afektif dan psikomotor siswa. Data hasil penelitian dianalis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Reciprocal Teaching dipadu dengan Reading, Questioning, and Answering dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan rata-rata nilai formatif yaitu 83.43. Namun, model pembelajaran Reciprocal Teaching dipadu dengan Reading, Questioning, and Answering tidak berpengaruh pada retensi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisya, N., Corebima, A.D & Mahanal, S. 2017. Hubungan antara Pretest dengan Posttest Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran BiologiKelas X Melalui Model Pembelajaran RQA Dipadu CPS di Kota Malang. Makalah Disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Sains, Surakarta 26 Oktober 2017, (Online), (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id), diakses 23 Februari 2018.

Akmaliya, N.I ., Hapsari, A.I. 2016. Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, (Online) 1 (1): 69-80

Bahri, A. 2016. Pengaruh Strategi Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Reading, Questioning, and Answering (RQA) pada Perkuliahan Biologi Dasar Terhadap Motivasi Belajar, Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif, Retensi, dan Karakter Mahasiswa Berkemampuan Akademik Berbeda. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Dahar, R.W. 2006. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Delucchi, Michael. 2014. Measuring Student Learning in Social Statistic: A Preetest-Posttest Study of Knowledge Gain. Teaching Sociology Vol. 42(3): 231-239

Dimitrov, D. M., P. D. Rumrill, Jr. 2014. Preetest-Postest Designs and Measurements of Change. Work 20(2003): 1959-1965 IOS Press

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Kristiningtyas, Woro. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Aspek Kognitif dan Psikomotorik Dalam Membuat Sketsa dan Peta Wilayah yang Menggambarkan Objek Geografi Melalui Metode Survey Lapangan. Jurnal Refleksi Edukatika 8(1): 27-34 ISSN: 2528-696x

Nurhidayati, A., E. S. Sunarsih. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Ranah Afektif Melalui Pembelajaran Motivasional. JIPTEK Vol. VI, No. 2: 112-116

Nurwati, Andi. 2014. Penilaian Ranah Psikomotor Siswa Dalam Pelajaran Bahasa. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 9, No. 2: 385-400

Patty, Y. 2017. Penerapan Model Pembelajaran RQA (Reading, Questioning, and Answering) dipadu TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Kepadatan Populasi Manusia Kelas VII Negeri 3 Seram Barat. Skripsi tidak dipublikasikan. Ambon: Universitas Pattimura.

Priantari, I. & Nurmala, R.S. 2016. Penerapan Pembelajaran RQA dipadu TPS untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, (Online), 1(2): 162-176

Rachmayani. 2014. Penerapan Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika, (Online), 1 (2): 13-23

Refualu, S.I.2017. Penerapan Reciprocal Teaching dipadukan dengan Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Kristen YPKPM Ambon. Skripsi tidak diterbitkan. Ambon: Universitas Pattimura.

Ruhmawati, I., Ibrahim, N. Handayani. 2013. Pengaruh Penggunaan LKS Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Jurusan FMIPA, Universitas Negeri Malang: 1-6

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Standar Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Siregar, E. & Nara, H. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukanti. 2011. Penilaian Afektif dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol.IX, No. 1: 74-82

Sukardi, A. D., H. Susilo, S. Zubaidah. 2015. Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Peta Pikiran (Mind Map) terhadap Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Vol 3, No. 2: 81-89

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syarifah, H., Indriwati, S.E & Corebima, A.D. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) dipadu Think Pair Share (TPS) terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Laki-Laki dan Perempuan SMAN di Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1 (5): 801-805

Wahab, R. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Yolanda, N., N. Kadaritna, E. Sofya. 2017. LKS Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan KPS Konsep Laju Reaksi Berdasarkan Kemampuan Kognitif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia vol. 6, No. 2: 268-282

Yunita, Y. E., Santosa, S. & Ariyanto, J. 2011. Penerapan Pendekatan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Biologi Siswa Kelas VII-G SMP N 5 Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011. Pendidikan Biologi, (Online), 3(2): 43-54, (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id), diakses 12 Februari 2018.

Zahrima, Amna. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh

Published
2019-05-14
How to Cite
Patty, Y., Matdoan, M., Liline, S., & Kurnia, T. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DIPADU DENGAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 AMBON PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Science Map Journal, 1(1), 9-15. https://doi.org/10.30598/jmsvol1issue1pp9-15