PENERAPAN METODE INQUIRY DIPADU TRIK TAKTIK WAKTU BERTANYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KONSEP SEL PADA SISWA KELAS VII SMP KARTIKA AMBON

  • Jeli Samadara Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura
  • Jhon F Rehena Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura
  • S I A Salmanu Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura
Keywords: Metode Inquiry, Strategi Trik Taktik Waktu Bertanya, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Inquiry dipadu trik taktik waktu bertanya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar konsep sel pada siswa kelas VII SMP Kartika Ambon. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VII-1di SMP Kartika Ambon. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomtor siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep sel pada siswa sebelum penerapan metode Inquiry dipadu trik taktik waktu bertanya tergolong sangat rendah. Hal ini terlihat dari persentase nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tes awal yaitu 31% yang termasuk kualifikasi gagal karena tidak mencapai KKM yang ditetapakan yaitu 75. Setelah penerapan metode Inquiry dipadu trik taktik waktu bertanya, hasil tes formatif yang diperoleh siswa menjadi meningkat dengan persentase rata-rata pencapaian yaitu 71,51%. Untuk penilaian kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan melalui hasil kerja LKS dan lembar observasi, dan diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amien, M. 1987. Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan Metode “Discovery†dan “Inquiryâ€. Jakarta: Depdikbud.

Arikunto, S, 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fisher, A. 2011. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hendra, Surya. 2013. Cara Belajar Orang Genius. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nasution, 1999. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito

Nurlitasari, 2015. Pengaruh Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-2 SMA LAB UM Malang. Jurnal Euclid, (Online), 3(1): 377-525 (http://www.um.co.id), diakses 7 Januari 2018.

Rehena, J.F., Casmudi. 2009. Strategi Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Roswita, I. 2013. Penerapan Strategi Waktu Bertanya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Materi Menjaga Keutuhan Indonesia Siswa Kelas V SDN 001 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Skripsi tidak diterbitkan. Pekanbaru: UIN SUSKA Riau.

Sanjaya. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Algensindo.

Sanjaya, Wina (2011). Strategi Pembelajaran Beririentasi pada Standar Proses. Jakarta: Kencan Prenada Media Group.

Saptono, S. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Semarang: UNNES.

Sernasak, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dipadukan Dengan Sepak Bola Verbal Dapat Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Konsep Sistem Pernapasan Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Ambon. Ambon: UNPATTI.

Sofa. 2008. Pendekatan Discovery, Inquiry dan STS dalam Pembelajaran Fisika.

Published
2019-05-14
How to Cite
SamadaraJ., RehenaJ., & SalmanuS. (2019). PENERAPAN METODE INQUIRY DIPADU TRIK TAKTIK WAKTU BERTANYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KONSEP SEL PADA SISWA KELAS VII SMP KARTIKA AMBON. Science Map Journal, 1(1), 16-22. https://doi.org/10.30598/jmsvol1issue1pp16-22