PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 AMBON DENGAN PENERAPAN MODEL WINDOW SHOPPING DAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA KONSEP SISTEM KOORDINASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan penerapan model Window Shopping dan Examples Non Examples pada konsep sistem koordinasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan objek penelitian kelas XI-MIA2 sebanyak 38 siswa dan XI-MIA5 sebanyak 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep biologi siswa sebelum penerapan model Window Shopping dan Examples Non Examples tergolong sangat rendah, pada kelas Window Shopping 32,11 dan kelas Examples Non Examples 48,55 dengan kualifikasi gagal. Setelah penerapan model pembelajaran Window Shopping dan Examples Non Examples hasil tes formatif siswa menjadi lebih baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu pada kelas Window Shopping 88,44 dan kelas Examples Non Examples 82,66 dengan kualifikasi tuntas. Pada hasil thitung 2,63> ttabel 1,94 Maka H1 diterima dan H0 ditolak yang memperlihatkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa kelas XI MIA2 dan XI MIA5.
Downloads
References
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Huda, M. 2015.Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktek.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kurdi, M. 2017.Window Shopping: Model Pembelajaran yang Unik dan Menarik. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4(3): 27-43.
Lestiawan, F. dan Johan, A.B. 2018.Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan.Jurnal Taman Vokasi, 6(1): 98-106.
Rahma, W. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Kooperatif Window Shopping Terhadap Partisipasi Bimbingan Konseling Klasikal. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) 2(2): 1-8.
Sudijono, A. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Dasar Teori dan Pratek. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Suprapto. 2017.Penerapan Pembelajaran TSTS dengan Aktifitas Window Shopping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Datar.Jurnal Edumath, 3(2): 138-146.
Susanti, R. 2014. Pembelajaran Model Examples Non Examples Berbantuan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2): 123-127.
Copyright (c) 2019 Ine Arini, Rufiati Simal, Debby O Pattiruhu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.