PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 AMBON DENGAN PENERAPAN MODEL WINDOW SHOPPING DAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA KONSEP SISTEM KOORDINASI

  • Ine Arini Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura
  • Rufiati Simal Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura
  • Debby O Pattiruhu Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura
Keywords: Perbedaan, Window Shopping, Examples Non Examples, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan penerapan model Window Shopping dan Examples Non Examples pada konsep sistem koordinasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan objek penelitian kelas XI-MIA2 sebanyak 38 siswa dan XI-MIA5 sebanyak 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep biologi siswa sebelum penerapan model Window Shopping dan Examples Non Examples tergolong sangat rendah, pada kelas Window Shopping 32,11 dan kelas Examples Non Examples 48,55 dengan kualifikasi gagal. Setelah penerapan model pembelajaran Window Shopping dan Examples Non Examples hasil tes formatif siswa menjadi lebih baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu pada kelas Window Shopping 88,44 dan kelas Examples Non Examples 82,66 dengan kualifikasi tuntas. Pada hasil thitung 2,63> ttabel 1,94 Maka H1 diterima dan H0 ditolak yang memperlihatkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa kelas XI MIA2 dan XI MIA5.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Huda, M. 2015.Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktek.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurdi, M. 2017.Window Shopping: Model Pembelajaran yang Unik dan Menarik. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4(3): 27-43.

Lestiawan, F. dan Johan, A.B. 2018.Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan.Jurnal Taman Vokasi, 6(1): 98-106.

Rahma, W. 2017. Pengaruh Penggunaan Metode Kooperatif Window Shopping Terhadap Partisipasi Bimbingan Konseling Klasikal. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) 2(2): 1-8.

Sudijono, A. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Dasar Teori dan Pratek. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suprapto. 2017.Penerapan Pembelajaran TSTS dengan Aktifitas Window Shopping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Datar.Jurnal Edumath, 3(2): 138-146.

Susanti, R. 2014. Pembelajaran Model Examples Non Examples Berbantuan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2): 123-127.

Published
2019-05-14
How to Cite
Arini, I., Simal, R., & Pattiruhu, D. (2019). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 AMBON DENGAN PENERAPAN MODEL WINDOW SHOPPING DAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA KONSEP SISTEM KOORDINASI. Science Map Journal, 1(1), 23-28. https://doi.org/10.30598/jmsvol1issue1pp23-28