PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MOLYMOD PADA PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK II TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWAPENDIDIKAN KIMIA FKIP UNPATTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media Molymod dengan bantuan SPSS 21. Molymod adalah alat peraga kimia yang terdiri atas bola warna-warni dan menggambarkan suatu atom serta mempunyai lubang sesuai dengan jumlah atom lain yang dapat diikat. Pengaruh media Molymod yang dianalisis dengan SPSS21 menggunakan serangkaian uji Nonparametrik-test, memiliki nilai signifikansi berkisar antara < 0,05 dan > 0,05 dengan nilai R square 0,378 atau 37,8%. Pengujian dilakukan menggunakanuji validitas, releabilitas, normalitas, homogenitas, linearitas, multikolinearitas, heteroskedasitas serta regresi linier sederhana.Variabel dependent dalam penelitian ini adalah hasil belajar praktikum mahasiswa dan variabel independent-nya adalah angket motivasi yang telah diisi oleh mahasiswa dan tanpa paksaan. Persamaan regresi yang diperoleh yaitu: y = 48,460 + 2,305 x;artinya, koefisien regresi signifikan. Grafik yang tergambar akan berbentuk kurva seperti bel pada kedua sisinya sama.Selain itu,penggunaan media Molymod berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai tes akhir mahasiswa yakni sebanyak 54 orang (68,35%) berada pada kualifikasi lulus.
Downloads
References
Agung A.W.S.Waspodo, (2012). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Iklim Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Karyawan Pada PT. Trubus Swadaya. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). UNJ: Jakarta. Vol. 3, No. 1, 7 – 9
Amalia P. Sari., et al. (2013). Studi Komparasi Pembelajaran STAD Dengan Menggunakan Media Animasi Micromedia Flash Player dan Mollymod Pada Pembelajaran Kimia Materi Pokok Ikatan Kovalen Ditinjau Dari Kreatifitas Siswa Kelas X SMAN 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 2 No. 2 Tahun 2013. Universitas Sebelas Maret. ISSN 2337-9995 .jpk.pkimiauns@ymail.com
Anas Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Arsyad, A. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
D. Priyatno. (2009). SPSS Untuk Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate. Yogyakar ta: 14-29
J. Sarwono. (2012) Metode Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS. (Cet. 2). Jakarta: 184-195.
Lilis S. Asna et. al, (2014). Efektivitas Metode Pembela jaran Two Stay Twos Tray (TSTS) Menggunakan Media Lks. Dilengkapi Molymod Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Ikatan Kimia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidik an Kimia (JPK), Vol. 3 No. 1 Tahun 2014 Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. ISSN. 2337-9995.
Manoppo Y. (2014). Pelatihan Analisis Statistik; Chemistry Education Pattimura University; Ambon
Manuputti Julio W. (2013). Penggunaan Hyperchem pada mata kuliah Praktikum kimia dasar II konsep kimia karbon pada mahasiswa program studi pendidikan kimia FKIP.
Tahir Iqmal, Dkk. (2012). Pemodelan Molekul Polimer Tercetak Molekul Asam Borat Untuk Aplikasi Quartz Crystal Microbalanc. Jurnal Kimia 6 (2), Juli, Jurusan Kimia, Universitas Gadjah Mada, Sekip Utara: Yogyakarta, Indonesia. ISSN 1907-9850. 101-109
Copyright (c) 2019 Rifal F Ramadhan, Y Manoppo, Semuel Unwakoly
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.