KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI INTEGRAL

  • Bella G Saiselar Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, Ambon
  • Anderson Palinussa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, Ambon
  • Hanisa Tamalene Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, Ambon
Keywords: Hasil Belajar, Team Assisted Individualization (TAI), Integral

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan model pembelajaran konvensional pada materi integral. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IS SMA Negeri 12 Ambon. Sampelnya terdiri dari dua kelas XI IS, di mana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian terdiri dari21 orang untuk masing-masing kedua kelas. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe eksperimen, desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalahPostestOnly Control Group Design.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang salah satunya menggunakan uji beda rata-rata atau uji-t. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa tentang materi integral. Hasil menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan model pembelajaran konvensional pada materi integral dengan bukti  rata-rata hasil belajar pada kelas yang diajarkan dengan model TAI yaitu 68,83 dan kelas dengan model konvensional yaitu 51,06.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faturrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif, Jogjakarta: Ar-RuzzMedia.

Fitri. M. A. (dkk) 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa MTsN Model Padang.Jurnal Dosen dan Mahasiswa STIKIP PGRI Sumatra Barat.

Nurzakiaty. I. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Integral di Kelas XII IPA SMA N 8 Banda Aceh.Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2, April 2015.

Ramlan M. (2013). Meningkatkan self-efficianci pada pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) pada siswa kelas VII A SMP Negeri 27 Makasar. Jurnal Matematika Pembelajaran (MAPAN).Volume 1 No 1 Tahun 2013. (110-112)

Ratumanan, T. G. 2015. Belajar Dan Pembelajaran Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Surabaya: Unesa University Press.

Sholeha. A. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Matematika (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas Viii Smp N 3 Pangkah Semester Ii Tahun Ajaran 2016/2017)”. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1, November 2018

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Published
2019-05-14
How to Cite
Saiselar, B., Palinussa, A., & Tamalene, H. (2019). KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI INTEGRAL. Science Map Journal, 1(1), 29-36. https://doi.org/10.30598/jmsvol1issue1pp29-36