STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR

  • Irfan Ely Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, Ambon
  • Anderson Palinussa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, Ambon
  • Hanisa Tamalene Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura, Ambon
Keywords: Hasil Belajar, Quick on The Draw, Konvensional

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih di bawah KKM serta proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw dan Model Pembelajaran Konvensional. Tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian eksperimental (Experimental Research). Desain penelitian yang digunakan adalah Post test Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total atau sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X yang terdiri dari dua kelas dimana satu kelas sebagai kontrol dan kelas lainnya sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 59 siswa. Instrumen yang di gunakan adalah tes hasil belajar (Post test) bentuk isian sebanyak 4 soal. Berdasarkan analisis data pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai post test 67.21. Untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai post test 56.90. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, dengan taraf signifikansi 0.05, didapat nilai sig. (2-tailed) 0.011 . Maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe quik in the draw dan model pembelajaran konvensional pada materi limit fungsi aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Joseph, E. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Pengukuran Dengan Menggunakan PendekatanRME (Realistic Mathematic Education) Pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Galala.Ambon: FKIP Unpatti.

Ratumanan, T. G., & Laurens, Th. 2015. Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan edisi 3. Surabaya: Pensil Komika.

Arends.2012.Tersedia di http://repository.upi.edu/operator/upload/s_d015_0453_chapter1.pdf.(Diakses 1 Januari 2018)

Nadhifah. 2009. Pengaruh Implementasi The Learning Cell Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas XI IPA SMA Islam Duduk sampeyan Gresi. Surabaya: Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel.

Ginnis, P. 2008. Trik dan Taktik Mengajar (Strategi Meningkatkan PencapaianPengajaran di Kelas). Jakarta : PT.Indeks.

Suliana, S dan Johan, S. 2012. Penelitian pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Roza. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Melalui Teknik Quick On The Draw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Vii Smpn 2 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. (Online), https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp (diakses 26 Januari 2019).

Published
2019-05-14
How to Cite
Ely, I., Palinussa, A., & Tamalene, H. (2019). STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR. Science Map Journal, 1(1), 37-42. https://doi.org/10.30598/jmsvol1issue1pp37-42