PENGEMBANGAN BAHAN AJAR STRATEGI PEMBELAJARAN KIMIA
Abstract
Pemerintah Indonesia melalui lembaga perguruan tinggi belakangan ini sedang melakukan banyak kegiatan pembenahan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, salah satunya yaitu pembenahan kurikulum dan pengembangan bahan ajar. Hal ini dikarenakan bahan ajar merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam siklus pembelajaran. Semakin banyak bahan ajarĀ penunjang maka pembelajaran akan semakin menarik. Keberadaan Bahan ajar sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena bahan ajar memiliki struktur dan urutan yang sistematis, menjelaskan tujuan instruksional yang akan dicapai, memotivasi peserta didik untuk belajar, mengantisipasi kesukaran belajar dalam bentuk penyediaan bimbingan bagi peserta didik untuk mempelajari buku tersebut, memberikan latihan yang banyak bagi, menyediakan rangkuman, dan secara umum berorientasi kepada peserta didik. Sehingga untuk memperbaiki kualitas pembelajaran maka perlu adanya bahan ajar untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran/perkuliahan
Downloads
References
Altbach, Ph. G. et al (ed.). (1991). Textbooks in American Society. Politics, Policy, and Pedagogy. State University of New York Press, Albany.
Andi Prastowo. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, (Yogyakarta: Diva Press, 2012),
Benny A. Pribadi. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat
Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.
Degeng (2015). Degeng I Nyoman Sudana, Ilmu Pengajaran Takstonomi Variabel, (Jakarta: Proyek P2T Dirjen Dikti, 1989), hlm. 115
Gagne, R.M.,& Driscoll. (1989). Essentials of learning for instructional. Florida: State University.
Mulyasa, (2013), Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya
Thiagarajan, S; Semmel, D.S; & Semmel, M.I. 1974. Instructional evelopment for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.
Copyright (c) 2019 Yuli T Filindity, Y Manoppo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.