MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bangun datar dengan menggunakan media puzzle pada tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research atau survey di lapangan, yang dilaksanakan secara langsung dan menjalankan penelitian untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan berbagai masalah serta memiliki subjek penelitian yaitu 10 anak pada tingkat sekolah dasar kelas 3- 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru. Media Puzzle sangat bermanfaat untuk pembelajaran apa saja, termasuk pembelajaran matematika yang dengan mudah anak-anak dapat memahaminya.
This study aims to describe the learning of flat shapes using puzzle media at the elementary school level. This research uses field research or survey research in the field, which is carried out directly and conducts research to find out what is really going on with various problems and has research subjects, namely 10 children at the elementary school level grades 3-5. The results showed that puzzle media was proven to be able to increase student activity and learning outcomes, as well as teacher performance. Media Puzzle is very useful for any learning, including learning mathematics which children can easily understand.
Downloads
References
https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12799
Atini, N. L. (2018). Penggunaan permainan puzzle pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/83
Ahsani, E. L. F., & Ariyanti, M. Y. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV Sd 5 Pasuruhan Lor. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2).
http://alpen.web.id/index.php/alpen/article/view/151
Elan, E., & Feranis, F. (2017). Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1).
https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/7168
Hidayati, V. O. (2014). Peningkatan pembelajaran bangun datar melalui media puzzle pada siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 3(1).
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/3658
Khotim, N. S. A. (2016). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar Di Sekolah Dasar. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3).
https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/11
Kristiani, A. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Melalui Medua Puzzle Pada Siswa Kelas II Semester 2 Di Sd 4 Getas Pejaten Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Bhakti Pendidikan Indonesia, 3(3).
https://jurnal.pbgkudus.or.id/index.php/jbpi/article/view/97
Ringan, B. A. T. (2012). Meningkatkan Pengenalan Bangun Datar Sederhana Melalui Media Puzzle Bagi Anak Tunagrahita Ringan. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/799
Rahayu, Y. D. (2021). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Melalui Media Puzzle Pada Siswa Kelas II SDN Teguhan 02 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 8(1).
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/737
Rivaldi, A., Ningsih, A. O., Aryani, D., Sari, F., & Aziz, M. I. A. Media Puzzle Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri 21 Pekanbaru.
https://jurnalpost.com/wp-content/uploads/2023/06/6D_KEL.9_ARTIKEL-PENGEMBANGAN-MEDIA-BAHAN-AJAR-DI-SD.pd
Copyright (c) 2024 Sora Journal of Mathematics Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.