IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Reinhard Salamor Universitas Pattimura
  • Vicardy Kempa
Keywords: Kemampuan berpikir kritis, Model Group Investigation (GI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran group investigation (GI) dan konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan desain pre-test-post-test control group design. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Ambon. Melalui teknik purposive sampling, dua kelas dipilih sebagai sampel yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan yang lainnya adalah kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemamuan berpikir kritis. Analis data kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan uji-t dan ANOVA Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat pembelajaran GI dan konvensional secara signifikan; dan (2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat pembelajaran GI lebih baik dari pembelajaran konvensional ditinjau dari kategori kemampuan awal (tinggi, sedang, dan rendah).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, M., & Winarti, W. (2019). The Rule of Contextual Teaching and Learning Approach with Problem Solving Method to Students’ Critical Thinking Skills on Physics Chapter Work and Energy. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(1), 71–85.
Bajracharya, K.I. (2010). Teaching Mathematics Through ABC Model of Critical Thinking. Mathematics Education Forum. (pp. 13-17): Associate Professor.
Ennis, R. (1993). Critical Thinking Assessment. Theory Into Practice. Teaching for Higher Order Thingking. 32(3), 179-186.
Evans. J. R. (1987). Investigations. The States of The Art of Mathematics in School.Online]. Tersedia: http://www.jstor.org/discover/10.2307/30214166?uid=3738224&uid=2129&uid=2&uid=70&uid=4&sid=21101423303303
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis : Sebuah Pengantar. Jakarta : Erlangga.
Gaspersz, M & Salamor, R. (2021). Pembelajaran Grup Investigasi Berbantuan SPSS Pada Mata Kuliah Statistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self Concept Matematis Mahasiswa FKIP. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 26-34.
Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. [Online]. Tersedia:http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf.
Irham., Tolla, I & Jabu, B. 2022. Development of the 4C Teaching Model to Improve Students’ Mathematical Critical Thinking Skills. International Journal of Educational Methodology. 8(3), 493 – 504.
Mitchell, M., Montgomery, H., Holder, M., & Stuart, D. (2008). Group Investigation as a Cooperative Learning Strategy: An Integrated Analysis of the Literature. The Alberta Journal of Educational Research. 54 (4), 388-395.
Meltzer, D. E. (2002). The Relationship between Mathematic Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible ”Hidden Variable” In Diagnostic Pretest Score. [Online]. Tersedia: http:www.physics.iastate.edu/per/docs/addendum_on_normalized_gain.
Peter, E. (2012). Critical thinking. Essence for teaching mathematics and mathematics problem solving skills. African Journal of Mathematics and Computer Science Research. 5(3), 39-43.
Permendiknas. (2006). Standar Isi (Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah). [Online]. Tersedia: http://litbang.kemdikbud.go.id/content/Buku%20Standar%20Isi%20SMP%281%29.pdf.
Rahmat, R., Suwarma, I. R., & Imansyah, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Multirepresentasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Getaran Harmonik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2019 UNJ, 8, SNF2019-PE-101–106.
Saroji, A., Rosidin, U., Ertikanto, C., Herlina, K., & Azizah, M. (2023). SSCS Model Based e-Worksheet: Needs Analysis to Stimulate Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(6), 4172-4178.
Saran & Saran. (1989). Group Investigation Expands Cooperative Learning.Group Investigation Harnesses Student’ Idividual Interest and Give Them Even More control over their learning than other teaching methods. (p.17 21). [Online]. Tersedia: http://12.4.125.3/ASCD/pdf/journals/ed_lead/el_198912_sharan.pdf
Schafersman, D. (1991). An Introduction to Critical Thinking. [Online]. Tersedia: http://facultycenter.ischool.syr.edu/files/2012/02/Critical-Thinking.pdf
Syaban. (2008). Menumbuhkembangkan Daya dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Investigasi. Disertasi pada PPs UPI Bandung. tidak diterbitkan.
Turmudi. (2009). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika; Berparadigma eksploratif dan investigatif. Jakarta: Leuser Cita Pustaka.
Published
2024-05-31
How to Cite
Salamor, R., & Kempa, V. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Sora Journal of Mathematics Education, 5(1), 28-34. https://doi.org/10.30598/sora.5.1.28-34