PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI TIAKUR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model SAVI Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri Tiakur. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan model penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pre test post test desaign. Populasi yang menjadi fokus penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Tiakur. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VI B yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang diterapkan meliputi tes, angket, dan dokumentasi, dengan menggunakan lembar tes sebagai instrumen penelitian. Analisis data melibatkan uji instrumen penelitian, seperti uji validitas tes dan uji reliabilitas, serta uji persyaratan data dengan uji normalitas, dan Nilai N-Gain. Untuk pengolahan dan analisis data, digunakan uji koefisien korelasi dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Program SPSS versi 20 digunakan untuk membantu pengujian dan analisis data dalam penelitian ini. Hasil nilai Post Test lebih tinggi dibandingkan dengan nilai Pre Test, dengan rata-rata nilai Post Test sebesar 82, sedangkan rata-rata nilai Pre Test adalah 54,2. Pada uji peningkatan N-Gain diperoleh 15 responden atau 46% siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar matematika dengan peningkatan tinggi, sebanyak 17 responden atau 53% siswa mengalami peningkatan sedang. Nilai rata-rata N-Gain secara keseluruhan sebesar 0,6 atau peningkatan hasil belajar statistika berada pada peningkatan sedang, sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model SAVI efektif. Berdasarkan tabel Paired Samples Test nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,005 menunjukan adanya perbedaan signifikan antara Pre Test dan Post Test. 0 Hipotesis (H0) dari penelitian ini ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang bermakna yakni model SAVI terhadap hasil belajar siswa
Downloads
References
Anitah, Sri. (2011). Srategi Pembelajaran Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Hasbullah. (2014). Media Pembelajaran Matematika. Jakarta: Savitra Collage
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Meier, Dave. 2002. The accelerated Learning Handbook. Alih bahasa RahmaniAstuti. Bandung. Kaifa
Nainggolan,dkk. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 5 No 4 Tahun 2021 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147
Naswandi. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahayu,Dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. JPGSD, Volume.4 No.II, Agustus 2019, Hlm 102-111
Rosalina, Pertiwi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Kemampuan Komuniasi Matematika Siswa. Judika Education. Volume 1, Nomor2, Juli-Desember2018e-ISSN:2614-6088p-ISSN:2620-732
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2024 Sora Journal of Mathematics Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.