PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) KONTEKS ETNOMATEMATIKA PULAU-PULAU KECIL PERBATASAN (MALUKU BARAT DAYA)

  • John Nandito Lekitoo
Keywords: etnomatematika, perangkat pembelajaran, pulau-pulau kecil perbatasan, RME

Abstract

Data dari Programme for International Student Assessment (PISA)  menunjukkan kemampuan literasi matematika siswa Indonesia yang berada pada peringkat ke 38 dengan skor 379 dari 41 Negara atau peringkat 4 dari bawah. Jika dibandingkan hasil PISA pada tahun 2015 maka kemampuan literasi matematika siswa Indonesia mengalami penurunan pada tahun 2018. Di sisi lain kenyataan terkait pembangunan yang tidak merata di daerah-daerah yang dikategorikan sebagai daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) memperkelam kondisi pembelajaran matematika yang semestinya dapat mengembangkan kemampuan literasi  matematika siswa yang seharusnya pembelajaran matematika di daerah tersebut semestinya berorientasi pada budaya-budaya lokal pada daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistic mathematics education (RME) konteks etnomatematika pulau-pulau kecil perbatasan (maluku barat daya). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D dengan sampel uji coba adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lemola. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar uji keterbacaan, lembar observasi, angket respons, dan soal tes awal dan akhir. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain untuk mengetahui keefektifan perangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dikembangkan valid, praktis, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 71%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. (2021). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 16 Bengkulu. Jurnal Math-UMB.EDU, 8(3), 10–20. https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v8i3.1981
Dhara Pos. (2016). Pemda Maluku – MBD Diminta Serius Atasi Sejumlah Persoalan di Ustutun. Dhara Pos.Com. https://www.dharapos.com/2016/04/pemda-maluku-mbd-diminta-serius-atasi.html
Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. 1, 114–119.
Kaluge, A. H., Gracia, M., & Gawa, M. (2018). ISSN : 2502-6526 KNPMP III 2018 Book of PEMBELAJARAN LITERASI MATEMATIKA BERBASIS abstract BUDAYA LOKAL DI NUSA TENGGARA TIMUR ( MODEL PLMBL ) KNPMP III 2018 ISSN : 2502-6526. 331–339.
Laurens, T. (2016). Analisis Etnomatematika Dan Penerapannya Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal LEMMA, 3(1), 86–96. https://doi.org/10.22202/jl.2016.v1i3.1120
Laurens, T. (2018). The Effectiveness of Local Wisdom Based-Realistic Mathematics Learning to Improve Learners’ Characters at State Elementary Schools in Ambon City.
Laurens, T., Laamena, C., & Matitaputty, C. (2014). E – 66 Development a Set of Instructional Learning Based Realistic Mathematics Education and Local Wisdom. International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education 1st ISIM-MED, 1–6.
Laurens, T., Mananggel, M. B., & Sapulette, F. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS DAN ANALISIS REAL BERBASIS DIGITAL. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(2), 85–92. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss2year2021page85-92
Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.
OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10.
Pattimukay, N. (2009). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Kristen Petra 2. Unesa.
Ratumanan, T. G. (2015). Inovasi Pembelajaran (Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal) (1st ed.). Penerbit Ombak.
Ratumanan, T. G., & Rosmiati, I. (2019). Perencanaan Pembelajaran (1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.
Sari, D. I., & Sari, N. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. 8(2), 310–322.
Sari, N., Nuraeni, Z., & Sukmaningthias, N. (2022). Interaction between RME-based blended learning and self-regulated learning in improving mathematical literacy. Jurnal Elemen, 8(2), 631–644. https://doi.org/10.29408/jel.v8i2.5751
Wikipedia. (n.d.). Kabupaten Maluku Barat Daya. Wikipedia.Org. https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Maluku_Barat_Daya#cite_note-ciptakarya-5
Published
2023-10-31
How to Cite
Lekitoo, J. (2023). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) KONTEKS ETNOMATEMATIKA PULAU-PULAU KECIL PERBATASAN (MALUKU BARAT DAYA). Sora Journal of Mathematics Education, 4(2), 72-80. https://doi.org/10.30598/sora.4.2.72-80