Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learing Berbantuan Media Pembelajaran Classpoint Pada Pembelajaran Matematika di Universitas Lelemuku Saumlaki

  • Karten Halirat Program Studi PGSD PSDKU Kab. Kepulauan Aru Universitas Pattimura
Keywords: problem solving skills, problem-based learning model, classpoint media

Abstract

Pembelajaran matematika mestinya mampu membentuk pola pikir agar mahasiswa dapat memahami suatu permasalahan guna mengumpulkan informasi serta menjabarkannya untuk menemukan solusi terhadap masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media classpoint dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa pada pembelajaran matematika. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Unit yang dianalisis yaitu mahasiswa semester VI yang mengambil mata kuliah metode diskrit pada program studi pendidikan matematika dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Setelah data dikumpulkan, selanjutnya dianalisis dengan cara direduksi, disajikan, diverifikasi untuk dibuatkan suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang dapat dilihat dari kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang diberikan pada saat diskusi kelompok, kuis maupun tes akhir pada materi fungsi pembangkit untuk menyelesaikan masalah permutasi dan kombinasi. Kesimpulan dari peneliitan ini adalah pembelajaran matematika yang dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan media classpoint dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa semester VI program studi pendidikan matematika yang terlihat dari 20 orang peseta tes, 16 orang memperoleh nilai kategori sedang, sedangkan 4 orang memperoleh nilai kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilia, D., dkk. (2023) ‘Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Tadris Matematika Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu’, Numeracy, 10(2), pp. 120–133. Available at: https://doi.org/10.46244/numeracy.v10i2.2237.

Agustina, J. (2019) ‘(PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa S1 Tadris Matematika IAIN Bengkulu’, Jurnal Equation, 1, pp. 25–38.

Aisyah, I. H., & Rinjani, D. (2023). Pengaruh Seni Ilustrasi dalam Meningkatkan Minat Baca (Studi Desain Novel Karya Tere Liye). INVENSI, 8(1), 1–13

Fatimah, Ade Evi, Fitry Wahyuni, and Fitriani Fitriani. (2022). “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Model Project-Based Learning.” Journal of Didactic Mathematics 3(3):130–36. doi: 10.34007/jdm.v3i3.1600.

Firma Yudha. (2019). “Peran Pendidikan Matematika Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern.” Jpm Jurnal Pendidikan Matematika 5(2):87–94.

Ita, Rosita, and Agung Prasetyo Abadi. (2019). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Langkah-Langkah Polya.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019 2(1D):1059–65.

Oktaviana, D. and Haryadi, R. (2020) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), p. 1076. Available at: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3069.

Ratuanik Mesak & Paulina Lamers. (2021). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Segitiga.” 2(2):219–31.

Setiyanto, Sigit. (2023). “Pandangan Mahasiswa Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Dokumentasi Kebidanan menggunakan Classpoint.” Journal of Innovation And Future Technology (IFTECH) 5(1):69–78. doi: 10.47080/iftech.v5i1.2463.

Sunandi, I. et al. (2023) ‘Dampak Integrasi Teknologi pada Pengalaman Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, pp. 3046–3054.

Tampubolon, Juliana, Nurdini Atiqah, and Unedo Immanuel Panjaitan. (2019). “Pentingnya Konsep Dasar Matematika Pada Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat.” Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan 2(3):1–10.

Waruwu, Marinu. (2023). “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1):2896–2910.

Yosephina Payu Wao, Melania Priska, Natalia Peni. (2022). “Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint Pada Mata Kuliah Zoologi Invertebrata.” 3(September):76–87.

Yusuf, Muhammad, and Nurfaida Tasni. (2024). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Himpunan.” 12(1):139–48.

Published
2025-05-31
How to Cite
Halirat, K. (2025). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learing Berbantuan Media Pembelajaran Classpoint Pada Pembelajaran Matematika di Universitas Lelemuku Saumlaki. Sora Journal of Mathematics Education, 6(1), 43-53. https://doi.org/10.30598/sora.6.1.43-53