PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA LUTUR PADA MATERI LINGKARAN
Abstract
Pendidikan memiliki peran fundamental dalam membentuk karakter dan kemampuan berpikir kritis generasi muda, terutama melalui mata pelajaran matematika. Namun, abstraksi konsep matematika seringkali menjadi tantangan bagi siswa, khususnya pada materi lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis etnomatematika Lutur pada materi lingkaran untuk siswa kelas VII SMP, dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Dalam konteks ini, budaya Lutur, yang kaya akan unsur matematika, digunakan sebagai medium untuk meningkatkan relevansi pembelajaran dan melestarikan budaya lokal. Penelitian dilakukan hingga tahap pengembangan, melibatkan lima validator dua dosen pendidikan matematika dan tiga guru matematika SMP serta sembilan siswa dari berbagai tingkat kemampuan matematika untuk menguji validitas dan kepraktisan bahan ajar. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki tingkat validitas sangat layak dengan persentase rata-rata sebesar 96,2%. Kepraktisan bahan ajar berdasarkan respons siswa mencapai 88,9%, yang juga masuk dalam kategori praktis. Bahan ajar ini tidak hanya membantu siswa memahami konsep lingkaran secara kontekstual melalui pendekatan etnomatematika, tetapi juga berkontribusi pada pelestarian budaya Lutur di tengah arus globalisasi. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi budaya dalam pengembangan bahan ajar sebagai upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran sekaligus memperkenalkan nilai-nilai lokal kepada siswa. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi implementasi bahan ajar dalam skala yang lebih luas
Downloads
References
Baharuddin, Muthi, I., Haryono, P., Rubai Misbahul Alam, D., Rochaya, S., Rusmana, R., & Resky, M. (2024). Pelatihan Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Berbasis Teknologi AI di Pondok Pesantren Tahfizh Istana Qur’an Indonesia PTIQI Lampung. Journal of Human And Education, 4(4), 820–826.
Kurniawan, A., & Aldino. (2024). ANALISIS ETNOMATEMATIKA ANYAMAN KIDING DI JANGKAT SEBAGAI BAHAN BELAJAR MATEMATIKA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 920–925. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.4019
Laksmiwati, P. A., & Retnowati, E. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri berbasis kecerdasan majemuk siswa SMP kelas VIII. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.26591
Lekitoo, J. N., Moma, L., & Ngilawajan, D. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Ambon Pada Materi Irisan Kerucut Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Media Pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) Berbantuan Software GeoGebra. JUPITEK (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 45–50. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/jupitekvol1iss1pp41-46
Lekitoo, J. N., Ratumanan, T. G., & Ayal, C. S. (2021). Influence of the Learning Model Using a Geogebra - Based Software on the Potential Mathematical Problem Based on a Self Confidence Student on the Cone Slices. Proceedings of the 1st International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ICMMEd 2020), 550(Icmmed 2020), 504–512. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210508.112
Mataheru, W., Laurens, T., & Taihuttu, S. M. (2023). The development of geometry learning using traditional dance context assisted by GeoGebra. Jurnal Elemen, 9(1), 65–83. https://doi.org/10.29408/jel.v9i1.6628
Mataheru, W., Laurens, T., & Taihuttu, S. M. (2024). Geometry learning design with crazy bamboo dance context using realistic mathematics education (RME) approach assisted by GeoGebra classroom. AIP Conference Proceedings, 3049(1), 30015. https://doi.org/10.1063/5.0195624
Musyrifah, E., Dwirahayu, G., & Satriawati, G. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BAGI GURU MI DALAM UPAYA MENDUKUNG KETERAMPILAN MENGAJAR SERTA PENINGKATAN LITERASI NUMERASI. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 61. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.61-72
Permatasari, K. G. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84.
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069
Ratau, A., & Bugis, H. (2024). Efektivitas e-modul interaktif matematika berbasis local issues dengan pendekatan personalized learning terhadap computational thinking. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 8(2), 311. https://doi.org/10.20961/jdc.v8i2.89649
Ratumanan, T. G., & Rosmiati, I. (2019). Perencanaan Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Sugiarto, S., Rupilele, K., MA, R. K., Lekitoo, J. N., Inuhan, M., & Dahoklory, A. S. K. (2024). Ethnomathematics Of Small Border Islands: Lutur Batu On Moa Island. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 18(1), 0475–0482. https://doi.org/10.30598/barekengvol18iss1pp0475-0482
Taihuttu, S. M., Mataheru, W., Laurens, T., & Lekitoo, J. N. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX SMP Negeri 9 Ambon Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Segi Empar Dan Lingkaran. Sora Journal of Mathematics Education, 4(2), 63–71.
Zega, Y. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnamtematika Pada Materi Lingkaran. JSSA: Journal of Smart Society Adpertisi, 1(1), 18–24. https://jurnal.adpertisi.or.id/index.php/jssa
Copyright (c) 2024 Sora Journal of Mathematics Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.