Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Terhadap Materi Pola Bilangan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Ambon pada materi pola bilangan, dengan jenis penelitian mixed method. Sumber data yang digunakan siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Ambon dan guru mata pelajaran matematika. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purpose sampling dan diperoleh 3 siswa yang masing-masing berada pada kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal tes dan pedoman wawancara mendalam. Soal tes berbentuk esai dengan materi pola bilangan. Berdasarkan pada hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek ST (berkemampuan tinggi) memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematis, subjek SS (berkemampuan sedang) memenuhi 2 indikator kemampuan literasi matematis dan subjek SR (berkemampuan rendah) hanya memenuhi 1 indikator kemampuan literasi matematis.
Downloads
Copyright (c) 2025 Sora Journal of Mathematics Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.