Perbedaan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Materi Tabung Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra Classroom dan Problem Based Learning
Abstract
Isu nasional Indonesia dalam bidang pendidikan matematika adalah masih rendahnya kemampuan literasi matematika siswa. Berbagai upaya dilakukan dalam meningkatkan kemampuan tersebut salah satunya mengintegrasikan berbagai model pembelajaran dengan media pembelajaran inovatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi matematika siswa menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terintegrasi GeoGebra Classroom (GC) dengan model pembelajaran problem based learning (PBL). Siswa kelas IX SMP Negeri 9 Ambon adalah populasi dan siswa kelas dan adalah sampel dalam penelitian ini yang berjumlah masing-masing 29 siswa. Adapun hasil penelitian memperlihatkan ada perbedaan kemampuan literasi matematika siswa yang diajarkan dengan kedua model (nilai sig. 2-tailed < 0.05), dimana siswa yang diterapkan model pembelejaran RME terintegrasi GC memiliki kemampuan literasi matematika yang lebih tinggi dari siswa di kelas PBL.
Downloads
References
Abidah, A. N., & Ardani, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika terhadap Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 2580–362. https://doi.org/10.29240/jpd
Annisha, D. (2024). Integrasi Penggunaan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Proses Pembelajaran pada Konsep Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2108–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7706
Aurellia, C., & Harahap, R. (2024). Analisis Pemanfaatan Geogebra dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Volume Tabung. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 3(2), 103–109.
Cahyono, A. D., & Budiarto, M. T. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Kesenian Rebana Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMP. MATHEdunesa: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 9(2), 287–296.
Dahoklory, A. S. K., & Lekitoo, J. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Basedlearning (PBL) Dan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Kelas Xi Sma Negeri 4 Maluku Barat Daya Pada Materi Program Linier. Sora Journal of Mathematics Education, 3(1), 26–33.
Fajriati, N., & Murtiyasa, B. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Menggunakan Multimedia Interaktif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 945–957. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2219
Ismail, H. F. (2018). Statistika Untuk Penelitian dan Ilmu-Ilmu Sosial.
Kurniati, M., & Lekitoo, J. N. (2023). Penggunaan GeoGebra dalam Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Kepulauan. CV. Dewa Pubhlising.
Lekitoo, J. N. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Konteks Etnomatematika Pulau-Pulau Kecil Perbatasan (Maluku Barat Daya). Sora Journal of Mathematics Education Oktober, 4(2), 72–80. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/sora.4.2.72-80
Lekitoo, J. N., Kurniati, R., Sugiarto, S., Keer Dahoklory, A. S., Inuhan, M., & Rupilele, K. (2024). Bulletin of Applied Mathematics and Mathematics Education Development of the GeoGebra Guidebook in Creating Mathematics Learning Media Based on Ethnomathematics. BAMME: Bulletin of Applied Mathematics and Mathematics Education, 4(1), 9–18. https://doi.org/10.12928/bamme.v4i1.10021
Lekitoo, J. N., Moma, L., & Ngilawajan, D. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Ambon Pada Materi Irisan Kerucut Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Media Pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) Berbantuan Software GeoGebra. JUPITEK (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 45–50. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/jupitekvol1iss1pp41-46
Lekitoo, J. N., Ratumanan, T. G., & Ayal, C. S. (2021). Influence of the Learning Model Using a Geogebra - Based Software on the Potential Mathematical Problem Based on a Self Confidence Student on the Cone Slices. Proceedings of the 1st International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ICMMEd 2020), 550(Icmmed 2020), 504–512. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210508.112
Mataheru, W., Laurens, T., & Taihuttu, S. M. (2023). The development of geometry learning using traditional dance context assisted by GeoGebra. Jurnal Elemen, 9(1), 65–83. https://doi.org/10.29408/jel.v9i1.6628
Mataheru, W., Laurens, T., & Taihuttu, S. M. (2024). Geometry learning design with crazy bamboo dance context using realistic mathematics education (RME) approach assisted by GeoGebra classroom. AIP Conference Proceedings, 3049(1), 30015. https://doi.org/10.1063/5.0195624
Sufriani, W. O., Sulangi, V. R., & Runtu, P. V. J. (2024). Pembelajaran Blended Learning pada Materi Koordinat Kartesius Berbantuan Geogebra Classroom. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 5(2), 136–141.
OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805-en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86
Rimbatmojo, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(4), 441–450.
Taihuttu, S. M., Madubun, F. M., Lekitoo, J. N., Joltuwu, I., & Tutupahar, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Etnomatematika Pulau-Pulau Kecil Perbatasan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Sora Journal of Mathematics Education Oktober, 119(125), 119–125.
Taihuttu, S. M., Moma, L., & Gaspersz, M. (2021). The Difference Of Student Learning Outcomes Taught By Geogebra Software Assissted Discovery Learning Model And Problem Solving Learning Model On Transformation Geometry. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 7–13. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp7-13
Tapoona, E. G. B., & Sulistyani, N. (2023). Pengembangan Soal Literasi Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Siswa SMP N 1 Yogyakarta. SEMNAPTIKA 2023 : “Pembelajaran Matematika Kreatif & Inovatif Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka,” 205–213.
Zaki, A., Zulkarnain, I., & Hidayanto, T. (2024). Efektivitas Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII. J-Pimat, 6(1), 1097.
Copyright (c) 2025 Sora Journal of Mathematics Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.