PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI TIAKUR PADA MATERI STATISTIKA

  • Edwin Owend Keilayoka Universitas Pattimura
  • Tanwey G Ratumanan Universitas Pattimura
  • H Tamalene Universitas Pattimura
Keywords: Model pembelajaran Discovery Learning, hasil belajar, Statistika

Abstract

Pada hakekatnya manusia hidup di dunia ini membutuhkan pendidikan. Pendidikan merupakan suatu proses perubahan pengetahuan, sikap, dan tingkahlaku seseorang. Menurut Sujana (2019: 29) Pendidikan adalah upaya untuk membantu jiwa anak-anak didik baik lahir maupun batin, dari sifat kodratnya menuju kearah peradaban manusiawi yang lebih baik, sebagai contoh dapat dikemukakan anjuran atau arahan untuk anak duduk lebih baik, tidak berisik agar tidak mengganggu orang lain, itu merupakan sebagian proses pendidikan untuk memanusiakan manusia. Dalam kegiatan belajar mengajar, siswa adalah subjek dan objek dari kegiatan pengajaran. Sehingga inti dari proses pengajaran adalah kegiatan belajar siswa dalam mencapai suatu tujuan. Tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa setelah proses pembelajaran selesai. Hasil belajar merupakan salah satu tujuan dari proses pembelajaran. Hasil belajar dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan tinggi rendahnya atau efektif tidaknya proses pembelajaran. Matematika adalah salah satu ilmu pengetahuan yang memiliki peran penting perkembangan teknogi dan ilmu pengetahuan, baik sebagai alat bantu dalam menerapkan bidang ilmu lain ataupun dalam pengembangan matematika sendiri (Siagiann2016: 60). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Menurut (Sugiyono,2018:77) eksperimen kuasi adalah penelitian dengan menggunakan kelompok kontrol tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi eksperimen. Pemilihan metode ini dikarenakan kelas yang dijadikan objek penelitian sulit untuk dikontrol dari variable-variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian.Hasil penelitian merupakan data yang diperoleh setelah melakukan sebuah penelitian. Data tersebut merupakan data hasil posttest dari kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan hasil posttest kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, untuk melihat pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi statistika.Berdasarkan uraian pada Bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut. Berdasarkan penerapan model pembelajaran Discovery Learning terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tiakur pada materi statistika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Siagian, Sondang. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-24. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2008, h. 116
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. J Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.
Liberna. 2018. Hubungan Gaya Belajar Visual dan Kecemasan Diri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 41 Jakarta, Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. (Online), Vol.3.No1, Hal 98-108. Maret 2018.
Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press
Roestiyah. (2012) Strategi Belajar Mengajar.Jakarta. Rineka Cipta
Published
2024-03-26
How to Cite
Keilayoka, E., Ratumanan, T., & Tamalene, H. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI TIAKUR PADA MATERI STATISTIKA. Sora Journal of Mathematics Education, 4(1), 25-30. https://doi.org/10.30598/sora.4.1.25-30