ANALISIS PENGARUH PELAYANAN GRAB TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN REGRESI LINEAR BERGANDA (STUDI KASUS: MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN)

Main Article Content

Fauza Nadya
Fatizanolo Buulolo
Mutia Aini Parinduri
Jerry Misael Simamora
Rodelta Nababan
Shinta Kevin Evelin

Abstract

Dalam menghadapi kondisi perekonomian yang semakin maju di era globalisasi, perkembangan dunia usaha semakin pesat. Kesulitan dalam keadaan perekonomian mendorong munculnya persaingan di berbagai bidang kehidupan. Kesuksesan sebuah bisnis dapat dilihat dari tingkat kepuasan dari pelanggan atau customer dan pastinya dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk pelayanan. Karena itu, pada penelitian ini akan dilihat bagaimana pengaruh pelayanan Grab terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan studi kasus. Data didapatkan dengan menyebarkan kuesioner tanggal 10-21 November 2023 kepada mahasiswa di Universitas Negeri Medan yang diwakilkan ±10 orang per fakultas. Hasil penelitian penelitian ini diselesaikan dengan menggunakan program R. Model analisis regresi linear berganda yang dihasilkan . Untuk uji koefisien determinasi berganda adalah sebesar 0,8911, yang artinya secara simultan semua variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen (kepuasan). Analisis lainnya seperti uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji Durbin Watson, dan uji heteroskedastisita menunjukkan bahwa model regresi ini dapat diterima tanpa adanya masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles