ANALISIS PENGARUH PELAYANAN GRAB TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN REGRESI LINEAR BERGANDA (STUDI KASUS: MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN)
Abstract
Dalam menghadapi kondisi perekonomian yang semakin maju di era globalisasi, perkembangan dunia usaha semakin pesat. Kesulitan dalam keadaan perekonomian mendorong munculnya persaingan di berbagai bidang kehidupan. Kesuksesan sebuah bisnis dapat dilihat dari tingkat kepuasan dari pelanggan atau customer dan pastinya dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk pelayanan. Karena itu, pada penelitian ini akan dilihat bagaimana pengaruh pelayanan Grab terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan studi kasus. Data didapatkan dengan menyebarkan kuesioner tanggal 10-21 November 2023 kepada mahasiswa di Universitas Negeri Medan yang diwakilkan ±10 orang per fakultas. Hasil penelitian penelitian ini diselesaikan dengan menggunakan program R. Model analisis regresi linear berganda yang dihasilkan . Untuk uji koefisien determinasi berganda adalah sebesar 0,8911, yang artinya secara simultan semua variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen (kepuasan). Analisis lainnya seperti uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji Durbin Watson, dan uji heteroskedastisita menunjukkan bahwa model regresi ini dapat diterima tanpa adanya masalah.
Downloads
References
D. Nurhayati, “Strategi Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan Global Dibidang Ekonomi,” J. Herit., vol. 3, no. 1, pp. 33–48, 2015, [Online]. Available: https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/HERITAGE/article/view/819
T. W. Kusuma, “PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN YANG TEPAT BAGI PERUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT HIKMAH CIPTA PERKASA JAKARTA,” Ris. Mhs. Ekon., vol. 2, no. 1, pp. 111–126, 2015.
M. Siregar, “Analisis Kepuasan Pelanggan Ompu Gende Coffee Medan Customer Satisfaction Analysis Ompu Gende Coffee Medan Di Era Globalisasi ini membuat data dari Owner Ompu Gende Coffee yaitu Ikhlas Ilham pada bulan September Brown (dalam Dwiastuti , dkk 2012 ), kondi,” pp. 1–8, 2021.
S. R. Sasongko, “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 3, no. 1, pp. 104–114, 2021, doi: 10.31933/jimt.v3i1.707.
M. I. Azhari, D. Fanani, and M. K. Mawardi, “Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Kfc Kawi Malang),” J. Adm. Bisnis, vol. 28, no. 1, pp. 143–148, 2015.
E. Nurvitasari and R. Dwijayanti, “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Grab (Studi Pada Pengguna Aplikasi Grab Fitur Grabfood),” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 10, no. 1, pp. 1472–1481, 2022, doi: 10.26740/jptn.v10n1.p1472-1481.
N. M. Faaza, “IMPLEMENTASI PERMENHUB NOMOR 108 TAHUN 2017 TENTANG TRANSPORTASI ONLINE (STUDI KASUS PT. GRAB INDONESIA),” 2018.
R. Tanamal, “Analisis Faktor yang Paling Berpengaruh Pada Keinginan Menggunakan Applikasi Grab di Kota Surabaya,” vol. 1, no. 2, pp. 1–10, 2017, doi: 10.21460/jutei.2017.12.
M. P. Rossi.S, “Tanggung Jawab Hukum PT. Grab Indonesia Cabang Medan Dalam Pengangkutan Barang (grab express) Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Di Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara),” J. Huk. Kaidah Media Komun. dan Inf. Huk. dan Masy., vol. 19, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://www.bppk.depkeu.go.id/bdk/pontianak/index.
H. K. Bharata and H. Sulistyowati, “Analisa Sentimen tentang Reuni 212 pada Dokumen Twitter Berbahasa Indonesia menggunakan R Studio,” J. Gerbang, vol. 8, no. 2, pp. 1–8, 2018.
Y. Novitania Rusli, Y. Setyawan, J. Statistika, F. Sains Terapan, and I. AKPRIND Yogyakarta, “Analisis Faktor-Faktor Kesenjangan Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta Menggunakan Metode Principal Component Analysis (Pca) Dan Confirmatory Factor Analysis (Cfa),” J. Stat. Ind. dan Komputasi, vol. 07, no. 2, pp. 41–53, 2022.
V. R. Bolang, J. D. . Massie, and A. S. Soegoto, “Peran Pelayanan Teller Dan Costumer Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bank Bri Unit Karombasan Cabang Manado,” J. EMBA, vol. 3, no. 3, pp. 1126–1139, 2015.
N. M. Janna, “KONSEP UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN SPSS,” J. Darul Dakwah Wal-Irsyad, no. 18210047, pp. 1–12, 2021.
N. Azhar and M. Ardi, “Uji validitas dan reliabilitas paket multimedia interaktif,” IlmuKomputer.Com, pp. 1–15, 2008.
K. A. Pramuaji and L. Loekmono, “Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur Penelitian : Questioner Emphaty,” Desalination, vol. 9, no. 1–3. pp. 327–340, 2011. doi: 10.24036/XXXXXXXXXX-X.
S. D. Puspa, J. Riyono, and F. Puspitasari, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 302–320, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i1.533.
Copyright (c) 2024 VARIANCE: Journal of Statistics and Its Applications

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Team
Peer Review Process
Focus & Scope
Open Acces Policy
Privacy Statement
Author Guidelines
Publication Ethics
Publication Fees
Copyrigth Notice
Plagiarism Screening
Digital Archiving




