Pengaruh Inokulasi Fungi Mikoriza Arbuskular dan Komposisi Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Bibit Cengkih Tuni (Syzygium aromaticum L.)

  • Asri Subkhan Mahulette Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura Ambon
  • Ramadhan Solissa Mahasiswa Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura Ambon
  • Anna Yuliana Wattimena Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura Ambon
Keywords: arbuskular, endomikoriza, kompos, mycofer, vesikel

Abstract

Cengkih Tuni merupakan salah satu cengkih unggul asal Maluku yang telah dilepas oleh Kementerian Pertanian RI pada tahun 2013. Penggunaan pupuk kimiawi untuk meningkatkan produksi cengkih Tuni dapat dilakukan, akan tetapi penggunaan dalam jangka panjang dapat memberikan dampak negatif terhadap lingkungan dan kualitas hasil panen. Untuk itu diperlukan input teknologi budidaya ramah lingkungan sejak di pembibitan seperti pemanfaatan FMA dan penggunaan pupuk organik. Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh interaksi FMA dan komposisi pupuk organik terhadap pertumbuhan bibit cengkih Tuni. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dua faktor. Faktor pertama adalah dosis inokulum mycofer FMA yang terdiri atas empat taraf yaitu 0 spora/tanaman (0 g/tanaman), 50 spora/tanaman (2 g/tanaman), 100 spora/tanaman (4 g/tanaman), 150 spora/tanaman (6 g/tanaman), 200 spora/tananamn (8 g/tanaman). Faktor kedua adalah komposisi media pembibitan berupa campuran pupuk organik dengan tanah (v/v) yang terdiri atas lima taraf yaitu tanpa pemberian pupuk organik (kontrol), tanah : pupuk organik 1:1, 2:1, 3:1, 4:1. Hasil penelitian didapatkan interaksi terbaik terdapat pada interaksi antara inokulasi FMA 100 spora/tanaman (4 g/tanaman) dan komposisi pupuk organik 2:1 terhadap hampir keseluruhan peubah pengamatan. Kolonisasi FMA kategori tinggi dalam penelitian didapatkan pada dosis inokulasi FMA 4 g/tanaman pada keseluruhan kombinasi perlakuan, sedangkan kategori sedang terdapat pada dosis inokulasi FMA 2, 6, dan 8 g/tanaman pada keseluruhan kombinasi perlakuannya. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Asri Subkhan Mahulette, Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura Ambon

Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura Ambon

Ramadhan Solissa, Mahasiswa Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura Ambon

Mahasiswa Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura Ambon

Anna Yuliana Wattimena, Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura Ambon

Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura Ambon

Published
2023-10-13
How to Cite
Mahulette, A., Solissa, R., & Wattimena, A. (2023). Pengaruh Inokulasi Fungi Mikoriza Arbuskular dan Komposisi Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Bibit Cengkih Tuni (Syzygium aromaticum L.). AGROLOGIA: Jurnal Ilmu Budidaya Tanaman, 12(2), 149-164. https://doi.org/10.30598/ajibt.v12i2.10731