Sosialisasi Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal di SMA Negeri 2 Seram Bagian Barat (SBB)

  • Silvia Manuhutu Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Pattimura

Abstract

Salah satu karakteristik dari penerapan Kurikulum Merdeka Belajar adalah Proyek Penguatan Profil Pancasila (P5) yang memuat berbagai tema dengan tujuan pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik. Salah satu Tema yang diusung adalah tema kewirausahaan yang dalam penerapannya melatih dan mendidik siswa untuk menjadi kreatif, berpikir kritis, mandiri, tangguh dan inovatif. Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah memberikan pemahaman dan penguatan bagi guru dan siswa tentang pentingnya menumbuhkan karakter wirausaha siswa melalui berbagai proyek kewirausahaan agar ketika siswa ada di masyarakat, mereka tidak hanya menjadi pencari kerja namun mereka dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. Metode kegiatan diarahkan pada pemberian materi dan diskusi kelompok untuk menghasilkan ide wirausaha yang berbasis kearifan lokal diantaranya berdasarkan pangan lokal yang ada pada daerah tempat tinggal siswa. Indikator keberhasilan diukur berdasarkan partisipasi siswa dan respon positif siswa untuk turut terlibat aktif dalam kegiatan PKM ini serta bentuk ide yang dihasilkan dari berbagai aktivitas kerja kelompok yang menghasilkan beberapa karakter wirausaha yakni Memiliki banyak ide, memiliki kepekaan terhadap lingkungan dan peluang, kreatif, mandiri, disiplin, jujur, berani mengambil resiko, dan berorientasi pada masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-30
How to Cite
Manuhutu, S. (2023). Sosialisasi Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal di SMA Negeri 2 Seram Bagian Barat (SBB). Jurnal Pengabdian Arumbai, 1(1), 42-47. https://doi.org/10.30598/arumbai.vol1.iss1.pp42-47