Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa melalui Metode Penugasan pada Materi Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI
Abstract
Tujuan pendidikan adalah menumbuhkan potensi siswa untuk kecerdasan, keterampilan, dan sikap yang akan bermanfaat bagi kehidupan sosial dan pribadi mereka. Namun, teknik ceramah masih mendominasi proses pembelajaran di SMAK Samanuwey Rambatu, yang menyebabkan siswa kurang terlibat, motivasi belajar rendah, dan hasil belajar di bawah standar. Dengan menggunakan teknik penugasan, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata kuliah Pendidikan Pancasila. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metodologi penelitian yang digunakan; dilakukan dalam dua siklus, dengan persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang terjadi di setiap siklus. 17 siswa dari kelas X menjadi subjek penelitian. Tes, observasi, dan percakapan guru adalah contoh metode pengumpulan data; analisis deskriptif digunakan untuk analisis data. Menurut temuan penelitian, hasil belajar siswa meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua. Dengan tingkat ketuntasan klasikal 58,82%, nilai rata-rata siswa pada pra-siklus adalah 70,47. Pada siklus I, skor ini meningkat menjadi 74,52 dengan tingkat penyelesaian 70,58%, dan pada siklus II, meningkat drastis menjadi 81,35 dengan tingkat penyelesaian 88,23%. Keterlibatan, kemandirian, dan akuntabilitas siswa dalam mengerjakan tugas juga terlihat meningkat. Oleh karena itu, penggunaan teknik penugasan di SMAK Samanuwey Rambatu terbukti meningkatkan motivasi dan hasil belajar kewarganegaraan siswa.
Downloads
Copyright (c) 2025 CIVICA: Jurnal Sains dan Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Civica: Jurnal Sains dan Humaniora dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International. Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menyalin, mendistribusikan ulang, me-remix, mentransmisikan, dan mengadaptasi karya ini dengan syarat karya asli dan sumbernya dicantumkan dengan benar.
Artinya:
(1) Di bawah lisensi CC-BY, penulis tetap memiliki hak cipta atas artikelnya, tetapi penulis memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakan konten publikasi dalam Civica: Jurnal Sains dan Humaniora secara keseluruhan atau sebagian dengan syarat karya asli dicantumkan dengan benar. Pengguna (redistributor) Civica: Jurnal Sains dan Humaniora wajib mencantumkan sumber asli, termasuk nama penulis, Civica: Jurnal Sains dan Humaniora sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, nomor terbitan, dan Digital Object Identifier (DOI); (2) Penulis memberikan Civica: Jurnal Sains dan Humaniora hak publikasi pertama. Meskipun penulis tetap merupakan pemilik hak cipta.



