Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 27 Kabupaten Maluku Tengah
Abstract
Dalam rangka meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII di SMP Negeri 27, penelitian ini bermaksud untuk menerapkan pendekatan sosiodrama. Penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus, adalah metodologi penelitian yang digunakan. Siswa di kelas VIII berperan sebagai subjek penelitian, dan proses penelitian terdiri dari tahapan untuk perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tes hasil belajar dan lembar observasi adalah alat yang digunakan. Penggunaan metode sosiodrama di kelas melibatkan langkah-langkah berikut: (1) guru memperkenalkan topik Sumpah Pemuda dengan menunjukkan gambar, video, dan anekdot; (2) menggambarkan situasi masalah; (3) menugaskan siswa untuk menjadi aktor; (4) memberi mereka kesempatan untuk bertanya tentang peran mereka; (5) meminta siswa memerankan peristiwa Sumpah Pemuda; (6) guru menawarkan bantuan ketika dibutuhkan; (7) mengakhiri demonstrasi ketika Sumpah Pemuda dibacakan untuk mendorong berpikir kritis; (8) melakukan diskusi dan tanggapan kritis; dan (9) siswa menarik kesimpulan dari hasil demonstrasi. Berdasarkan temuan penelitian, hasil belajar siswa meningkat di setiap siklus. Dengan persentase ketuntasan 30,43%, nilai rata-rata tes awal adalah 62,17. Pada siklus I, nilai tersebut meningkat menjadi 69,34 dengan tingkat ketuntasan 69,56%, dan pada siklus II, meningkat drastis menjadi 77,82 dengan tingkat ketuntasan 100%. Penelitian dihentikan pada siklus II karena semua siswa telah tuntas, menunjukkan bahwa metode sosiodrama berhasil meningkatkan hasil belajar PPKn.
Downloads
Copyright (c) 2023 CIVICA: Jurnal Sains dan Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Civica: Jurnal Sains dan Humaniora dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International. Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menyalin, mendistribusikan ulang, me-remix, mentransmisikan, dan mengadaptasi karya ini dengan syarat karya asli dan sumbernya dicantumkan dengan benar.
Artinya:
(1) Di bawah lisensi CC-BY, penulis tetap memiliki hak cipta atas artikelnya, tetapi penulis memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakan konten publikasi dalam Civica: Jurnal Sains dan Humaniora secara keseluruhan atau sebagian dengan syarat karya asli dicantumkan dengan benar. Pengguna (redistributor) Civica: Jurnal Sains dan Humaniora wajib mencantumkan sumber asli, termasuk nama penulis, Civica: Jurnal Sains dan Humaniora sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, nomor terbitan, dan Digital Object Identifier (DOI); (2) Penulis memberikan Civica: Jurnal Sains dan Humaniora hak publikasi pertama. Meskipun penulis tetap merupakan pemilik hak cipta.



