Peran Kegiatan KePramukaan dalam Membentuk Karakter Siswa pada SMA Kartika XIII-1 Ambon
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kegiatan kepramukaan dan upaya sekolah dalam mengembangkan kegiatan tersebut sebagai wadah pembentukan karakter siswa di SMA Kartika XIII-1 Ambon. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian meliputi 2 pembina Pramuka, 6 wali kelas, 3 siswa, dan Kepala Sekolah. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kepramukaan di SMA Kartika XIII-1 Ambon berperan krusial dalam pengembangan karakter siswa, terutama dalam pembentukan nilai-nilai disiplin, tanggung jawab, kerja sama, kemandirian, kejujuran, religiusitas, dan nasionalisme. Kegiatan yang dilakukan meliputi latihan kepramukaan, perkemahan (Persami), Raimuna, eksplorasi, latihan bela negara, serta kegiatan rutin seperti pengisian SKU dan pengembangan karakter. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan secara terencana dan terprogram di bawah bimbingan pembina Pramuka. Lebih lanjut, upaya sekolah dalam mendukung kegiatan kepramukaan meliputi penyediaan sarana dan prasarana, dukungan moril dan materil, pengiriman delegasi untuk mengikuti pelatihan atau perlombaan, dan pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam setiap kegiatan siswa. Dengan demikian, kegiatan kepramukaan di SMA Kartika XIII-1 Ambon terbukti menjadi wadah yang strategis dalam membentuk peserta didik yang berkarakter kuat, beretika, religius, berwawasan kebangsaan, dan berjiwa sosial, serta bertanggung jawab sebagai generasi penerus bangsa.
Downloads
Copyright (c) 2024 CIVICA: Jurnal Sains dan Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Civica: Jurnal Sains dan Humaniora dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International. Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menyalin, mendistribusikan ulang, me-remix, mentransmisikan, dan mengadaptasi karya ini dengan syarat karya asli dan sumbernya dicantumkan dengan benar.
Artinya:
(1) Di bawah lisensi CC-BY, penulis tetap memiliki hak cipta atas artikelnya, tetapi penulis memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakan konten publikasi dalam Civica: Jurnal Sains dan Humaniora secara keseluruhan atau sebagian dengan syarat karya asli dicantumkan dengan benar. Pengguna (redistributor) Civica: Jurnal Sains dan Humaniora wajib mencantumkan sumber asli, termasuk nama penulis, Civica: Jurnal Sains dan Humaniora sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume, nomor terbitan, dan Digital Object Identifier (DOI); (2) Penulis memberikan Civica: Jurnal Sains dan Humaniora hak publikasi pertama. Meskipun penulis tetap merupakan pemilik hak cipta.



