PEMBELAJARAN “FUN ENGLISH LEARNING THROUGH SONG”

Main Article Content

Sophia Binnendyk
Lely Hendrikus
Chara Maitimu

Abstract

Secara historis, telah terjadi disparitas pengetahuan antar wilayah di Indonesia karena pendidikan bahasa
Inggris tidak memiliki akses yang memadai di wilayah timur. Kurangnya akses dan dukungan telah
menyebabkan siswa kehilangan minat dalam belajar bahasa Inggris dan mengalami kesulitan dalam
menggunakan bahasa tersebut. Itulah sebabnya belajar bahasa Inggris melalui lagu adalah salah satu
kegiatan yang paling menyenangkan bagi para siswa. Lagu-lagu lokal akan sangat membantu memperkuat
kosakata mereka. Melalui lagu-lagu lokal juga dapat memperkenalkan budaya mereka sendiri dan untuk
membangun identitas yang kuat dalam pengenalan adat istiadat mereka. Program ini berfokus pada
memperkaya kosakata siswa melalui lagu. Hasilnya, lagu dapat membantu siswa dalam melatih
pengucapan mereka, memperluas kosakata mereka, dan melatih pendengaran mereka. Metode drill
digunakan dalam pelaksanaan pelatihan, dimana lagu-lagu yang telah dipraktikkan kembali dinyanyikan
oleh para siswa. Temuan menunjukkan bahwa siswa bersemangat dan menikmati pelajaran. Hal ini telah
dibuktikan melalui partisipasi aktif mereka selama pelatihan dan peyampaian kesn dan pesn penutupan
oleh perwakilan siswa kelas 7.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Binnendyk, S., Hendrikus, L., & Maitimu, C. (2023). PEMBELAJARAN “FUN ENGLISH LEARNING THROUGH SONG”. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 3(2), 76-82. https://doi.org/10.30598/gabagabavol3iss2pp76-82
Section
Articles