PEMBELAJARAN “FUN ENGLISH LEARNING THROUGH SONG”
Main Article Content
Abstract
Secara historis, telah terjadi disparitas pengetahuan antar wilayah di Indonesia karena pendidikan bahasa 
Inggris tidak memiliki akses yang memadai di wilayah timur. Kurangnya akses dan dukungan telah 
menyebabkan siswa kehilangan minat dalam belajar bahasa Inggris dan mengalami kesulitan dalam 
menggunakan bahasa tersebut. Itulah sebabnya belajar bahasa Inggris melalui lagu adalah salah satu 
kegiatan yang paling menyenangkan bagi para siswa. Lagu-lagu lokal akan sangat membantu memperkuat 
kosakata mereka. Melalui lagu-lagu lokal juga dapat memperkenalkan budaya mereka sendiri dan untuk 
membangun identitas yang kuat dalam pengenalan adat istiadat mereka. Program ini berfokus pada 
memperkaya kosakata siswa melalui lagu. Hasilnya, lagu dapat membantu siswa dalam melatih 
pengucapan mereka, memperluas kosakata mereka, dan melatih pendengaran mereka. Metode drill 
digunakan dalam pelaksanaan pelatihan, dimana lagu-lagu yang telah dipraktikkan kembali dinyanyikan 
oleh para siswa. Temuan menunjukkan bahwa siswa bersemangat dan menikmati pelajaran. Hal ini telah 
dibuktikan melalui partisipasi aktif mereka selama pelatihan dan peyampaian kesn dan pesn penutupan 
oleh perwakilan siswa kelas 7.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.