PELATIHAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MEDIA CANVA PADA SISWA SMP NEGERI 1 KAIRATU

Main Article Content

Journal Editor
Martha Maspaitella
Grace Somelok
Novita Tabelessy
Jolanda Dessye Parinussa

Abstract

Menulis sebagai keterampilan berbahasa tidak terlepas dari seluruh proses belajar di sekolah, dan termasuk aktivitas yang tidak mudah untuk dilakukan oleh siswa. Masih banyak siswa mengalami kesulitan untuk menemukan ide sehingga menjadi ragu untuk mulai menulis, termasuk menulis teks berita pada siswa SMP Negeri 1 Kairatu. PkM ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan menulis teks berita melalui media canva agar para siswa menjadi berani dan mudah untuk menuangkan gagasan dalam menulis yang akan memberi dampak pada peningkatan kemampuan mereka untuk menulis teks berita. Pelatihan diawali dengan pemberian materi tentang aplikasi canva, dan bagaimana menulis teks berita melalui aplikasi canva. Para siswa yang memiliki gawai dan paket internet, serta fasilitas internet melalui hotspot yang diberikan oleh tim PkM, melaksanakan praktik menulis teks berita dengan bimbingan tim. Para siswa diminta kesediaannya untuk menulis teks berita tentang peristiwa apapun. Hasilnya menunjukkan bahwa para siswa berusaha belajar memahami template yang ada pada canva, dan sangat antusias untuk memulai menulis teks berita dengan mengacu pada template yang tersedia. Para sisiwa yang dilatih oleh tim ini, kemudian bersama tim mengarahkan teman-teman yang lain untuk menulis teks berita melalui media canva, sehingga semua siswa yang mengikuti pelatihan mendapat peluang yang sama untuk berlatih dan meningkatkan kemampuan menulis teks berita.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Editor, J., Maspaitella, M., Somelok, G., Tabelessy, N., & Parinussa, J. (2023). PELATIHAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MEDIA CANVA PADA SISWA SMP NEGERI 1 KAIRATU. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 3(1), 179-184. https://doi.org/10.30598/gabagabavol3iss1pp179-184
Section
Articles