PELATIHAN MENULIS PUISI DENGAN MEMANFAATKAN DIKSI LOKAL DI SMP NEGERI 2 PULAU-PULAU BABAR KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA

Main Article Content

Mariana Lewier
Merlyn Rutumalessy

Abstract

Keselarasan dengan gerakan literasi dan apreasisi sastra di Abad 21 ini sangat penting dalam pembelajaran bahasa dan sastra karena menjadi salah satu aspek yang menentukan kualitas dan mutu pendidikan. Maka, perlu dilakukan berbagai upaya yang berkesinambungan yang bermuara pada standard keberhasilan yang memadai. Realitas yang ditemui di Provinsi Maluku menunjukkan bahwa pembelajaran di sekolah saat ini belum mampu mewujudkan harapan akan tercapainya kompetensi siswa dalam berliterasi dan berapreasi sastra secara baik dan merata. Hal ini juga terlihat pada realita di SMP Negeri 2 Pulau-Pulau Babar, Kecamatan Babar Timur, Kabupaten Maluku Barat Daya. Tuntutan keterampilan abad ke-21 yang harus dikuasai dan pembelajaran di sekolah yang belum mampu menumbuhkan keterampilan berliterasi dan berapresiasi oleh guru bahasa dan sastra Indonesia dan juga para siswa. Hal ini menjadi dasar utama dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masayarakat ini. Sasaran yang diharapkan adalah para siswa SMP Negeri 2 Pulau-Pulau Babar yang masih memiliki bahasa daerah, yakni bahasa Babar Tenggara, dapat mengembangkan potensi bersastra yang dipadukan dengan kreativitas mengolah kosa kata bahasa daerah.  Kegiatan ini diarahkan pada pelatihan penulisan puisi yang memanfaatkan diksi lokal sebagai penerapan model pembelajaran multiliterasi. Hasilnya menunjukkan para siswa pada umumnya tidak banyak yang menguasai diksi berbahasa lokal sehingga hanya sedikit kosa kata yang dituangkan dalam karya cipta puisi mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lewier, M., & Rutumalessy, M. (2024). PELATIHAN MENULIS PUISI DENGAN MEMANFAATKAN DIKSI LOKAL DI SMP NEGERI 2 PULAU-PULAU BABAR KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 4(2), 51-58. https://doi.org/10.30598/gabagabavol4iss2pp51-58
Section
Articles