MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DI SD N 2 TIAKUR

Main Article Content

Rosina Fransisca Joan Lekawael
Christian Albert Lewier
Fredi Meyer

Abstract

Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan judul "Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa
Melalui Permainan Edukatif di SD N 2 Tiakur" bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosa
kata bahasa Inggris siswa kelas 4 dan 5 melalui metode pembelajaran berbasis permainan edukatif.
Permainan edukatif yang diterapkan, seperti Word Bingo, Charades, dan Memory Match, terbukti efektif
dalam membantu siswa mengingat dan memahami kosakata baru secara lebih mudah dan menyenangkan.
Selain itu, metode ini juga meningkatkan motivasi belajar siswa serta menciptakan suasana pembelajaran
yang interaktif. Guru dan siswa memberikan respons positif terhadap metode pembelajaran ini, di mana
guru merasa terbantu dalam meningkatkan kualitas pengajaran, dan siswa menjadi lebih antusias dalam
mempelajari bahasa Inggris. Dampak positif juga dirasakan oleh masyarakat sekitar, khususnya orang tua
siswa yang mulai lebih aktif mendukung anak-anak mereka dalam proses belajar di rumah. Program ini
tidak hanya berhasil meningkatkan penguasaan kosa kata siswa tetapi juga memberikan kontribusi bagi
peningkatan kualitas pendidikan bahasa Inggris di SD N 2 Tiakur. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa
pendekatan pembelajaran berbasis permainan edukatif dapat dijadikan metode alternatif yang efektif
dalam pengajaran bahasa Inggris di sekolah dasar, terutama di wilayah yang memiliki keterbatasan akses
pendidikan seperti di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lekawael, R. F. J., Lewier, C. A., & Meyer, F. (2024). MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DI SD N 2 TIAKUR. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 4(2), 66-74. https://doi.org/10.30598/gabagabavol4iss2pp66-74
Section
Articles