MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA SISWA MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DI SD N 2 TIAKUR
Main Article Content
Abstract
Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan judul "Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa Melalui Permainan Edukatif di SD N 2 Tiakur" bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa kelas 4 dan 5 melalui metode pembelajaran berbasis permainan edukatif. Permainan edukatif yang diterapkan, seperti Word Bingo, Charades, dan Memory Match, terbukti efektif dalam membantu siswa mengingat dan memahami kosakata baru secara lebih mudah dan menyenangkan. Selain itu, metode ini juga meningkatkan motivasi belajar siswa serta menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif. Guru dan siswa memberikan respons positif terhadap metode pembelajaran ini, di mana guru merasa terbantu dalam meningkatkan kualitas pengajaran, dan siswa menjadi lebih antusias dalam mempelajari bahasa Inggris. Dampak positif juga dirasakan oleh masyarakat sekitar, khususnya orang tua siswa yang mulai lebih aktif mendukung anak-anak mereka dalam proses belajar di rumah. Program ini tidak hanya berhasil meningkatkan penguasaan kosa kata siswa tetapi juga memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan bahasa Inggris di SD N 2 Tiakur. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis permainan edukatif dapat dijadikan metode alternatif yang efektif dalam pengajaran bahasa Inggris di sekolah dasar, terutama di wilayah yang memiliki keterbatasan akses pendidikan seperti di Kabupaten Maluku Barat Daya.