MENATA BAHASA DALAM LAPORAN ILMIAH: CERMIN KETAJAMAN BERNALAR

Main Article Content

Romilda Arivina da Costa

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang bersifat ekspresif dan produktif. Untuk mencapai keterampilan tersebut, khususnya yang berkaitan dengan penulisan ilmiah, termasuk laporan ilmiah atau laporan praktikum diperlukan pembelajaran dan pelatihan yang intensif. Penguasaan teori dan pengetahuan menulis dapat diperoleh melalui kegiatan pembelajaran, sedangkan dalam kegiatan pelatihan terkandung konsep membiasakan perilaku menulis. Dalam PkM yang mengusung tema Menata Bahasa dalam Laporan Ilmiah: Cermin Ketajaman Bernalar ini menyajikan teori dan pengetahuan menulis disertai strategi-strategi sederhana untuk memulai kegiatan menulis laporan praktikum yang selama ini menjadi keprihatinan pihak SMK Negeri 10 Seram Barat terhadap para siswa tingkat akhir yang sudah menyelesaikan praktik di instansi-instansi yang menjalin kerjasama dengan pihak sekolah. Pelaksanaan PkM ini diawali dengan kuis padanan kata bahasa Indonesia untuk istilah-istilah tertentu yang banyak digunakan dalam masyarakat, diikuti informasi berbagai referensi pendukung, seperti KBBI, Tesaurus, dan EYD 2022, kemudian pengambaran sekilas tentang menulis sebagai proses bernalar, dan diakhiri dengan contoh pendeskripsian fakta. Penyuluhan tersebut telah memberi pencerahan kepada para siswa SMA Negeri 10 Seram Barat untuk nantinya dapat menikmati kegiatan menulis sebagai suatu kebiasaan yang menyenangkan, dan dengan menulis diharapkan mereka dapat mengenal kemampuan dan potensi diri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
da Costa, R. (2024). MENATA BAHASA DALAM LAPORAN ILMIAH: CERMIN KETAJAMAN BERNALAR. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 4(1), 225-235. https://doi.org/10.30598/gabagabavol4iss1pp225-235
Section
Articles