KOLABORASI PERGURUAN TINGGI DAN SEKOLAH DALAM PROGRAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN: STUDI KASUS DI SMP KARTIKA XIII-I AMBON

Main Article Content

Stella Rose Que
Hellien Jequelin Loppies

Abstract

Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) merupakan bagian integral dari pendidikan profesi guru untuk memperkuat kompetensi pedagogik dan sosial mahasiswa. Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah dalam pelaksanaan PLP di SMP Kartika XIII-I Ambon. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan yang didampingi oleh dosen pembimbing dan guru pamong. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif melalui observasi, refleksi, dan keterlibatan langsung mahasiswa dalam aktivitas sekolah. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kolaborasi yang erat antara pihak kampus dan sekolah mampu menciptakan lingkungan belajar yang saling mendukung dan berdampak positif terhadap pengembangan profesionalisme calon guru. Artikel ini merekomendasikan perlunya penguatan sinergi antara lembaga pendidikan tinggi dan sekolah dalam pengembangan program PLP yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Que, S. R., & Loppies, H. J. (2022). KOLABORASI PERGURUAN TINGGI DAN SEKOLAH DALAM PROGRAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN: STUDI KASUS DI SMP KARTIKA XIII-I AMBON. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.30598/gabagabavol2iss1pp1-6
Section
Articles